MATERI KRIDA SAKA BHAYANGKARA LENGKAP
MATERI KRIDA SAKA BHAYANGKARA LENGKAP

Materi Krida Saka Bhayangkara Lengkap pdf

Materi Krida Saka Bhayangkara – Pada gerakan pramuka terdapat berbagai macam Saka (Satuan Karya), dan setiap Saka memiliki satuan kecil atau lebih kerap disebut dengan Krida. Umumnya anggota dalam satuan karya yaitu terdiri dari anggota pramuka golongan penegak dan pandega, serta pemuda pemudi yang berusiakan 16 tahun hingga 25 tahun. Nah, para anggota Saka tersebut akan di latih dan di didik agar bisa mengabdi secara nyata kepada masyarakat.

Namun kali ini kami tidak akan membahas 10 jenis Saka dalam gerakan pramuka, melainkan kami akan membahas materi tentang krida Saka Bhayangkara. Bagi kalian yang belum mengetahui materi seputar Saka Bhayangkara, bisa menyimak ulasan di bawah ini sebagai berikut.

Pengertian Saka Bhayangkara

Saka Bhayangkara yaitu salah satu dari beberapa jenis Satuan Karya Pramuka yang sudah ditetapkan secara nasional. Untuk pengertiannya sendiri, Saka Bhayangkara adalah satuan karya dalam dalam gerakan pramuka yang menjadi wadah suatu pendidikan dan pelatihan di bidang kebhayangkaraan seperti keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pada dasarnya arti kata Bhayangkara yaitu penjaga, pengawal, pengaman, serta pelindung keselamatan bangsa dan negara. Perlu kalian ketahui, bahwa Saka Bhayangkara merupakan satuan karya terbsesar dan terus berkembang di Indonesia. Kenapa demikian? Karena Saka Bhayangkara dapat dibentuk pada seluruh Kwartir, atau bisa dibilang tidak terbatas pada sumber daya ataupun kondisi alam saja.

Dalam pelatihannya, Saka Bhangkara umumnya bekerjasama dengan pihak kepolisian, karena satuan karya ini berada di bawah pembinaan POLRI. Namun untuk pelatih, selain didatangkan dari pihak kepolisian juga mendatangkan pelatih dari Dinas Pemadam Kebakaran.

Krida Saka Bhayangkara

Seperti yang sudah di singgung di atas, Krida merupakan satuan kecil dari Saka yang umumnya beranggotakan 5 sampai 10 anggota gerakan pramuka. Dalam Saka Bhayangkara sendiri terdapat 4 jenis Krida, berikut adalah jenis Krida Saka Bhayangkara beserta Tanda Kecakapan Khususnya:

1. Krida Ketertiban Masyarakat (Tibmas)

Dalam Krida Ketertiban Masyarakat terdapat 4 SKK, sebagai berikut:

  1. SKK Pengamanan Lingkungan Pemukiman.
  2. SKK Pengamanan Lingkungan Kerja.
  3. SKK Pengamanan Lingkungan Sekolah.
  4. SKK Pengetahuan Hukum.

2. Krida Lalu Lintas (Lantas)

Dalam Krida Lalu Lintas terdapat 3 SKK, sebagai berikut:

  1. SKK Pengaturan Lalu Lintas.
  2. SKK Pengetahuan Peraturan Lalu Lintas.
  3. SKK Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas.

3. Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana (P2B)

Dalam Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana terdapat 7 SKK, sebagai berikut:

  1. SKK Pengetahuan Satwa.
  2. SKK Pencarian Korban.
  3. SKK Penyelamatan Korban.
  4. SKK Rehabilitasi Korban Kebakaran.
  5. SKK Pengetahuan Kerawanan Bencana.
  6. SKK Pemadam Kebakaran.
  7. SKK Pencegahan Kebakaran.

4. Krida Tempat Kejadian Perkara (TKP)

Dalam Krida Tempat Kejadian Perkara terdapat 4 SKK, sebagai berikut:

  1. SKK Pengetahuan Bahaya Narkoba.
  2. SKK Pengetahuan Tulisan Tangan dan Tanda Tangan.
  3. SKK Pengetahuan Sidik Jari.
  4. SKK Pengetahuan Tempat Kejadian Perkara.

Itulah materi tentang Krida Saka Bhayangkara, semoga materi Saka Bhayangkara tersebut bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk kalian semua.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://ayokupas com/1554/materi-krida-saka-bhayangkara-pdf htmlfdp Krida Saka Bhayangkarafdp SKK Krida Saka BhayangkaraMateri Krida Saka Bhayangkara PDF