PEMASANGAN TKK PRAMUKA PENEGAK
PEMASANGAN TKK PRAMUKA PENEGAK

Pemasangan TKK di Baju Pramuka Penegak

Pemasangan TKK di Baju Pramuka Penegak – TKK Pramuka adalah sebuah singkatan dari Tanda Kecakapan Khusus Pramuka. Sedangkan “Pramuka” memiliki singkatan yaitu Praja Muda Karana. Arti dari singkatan tersebut adalah warga negara muda yang bekerja atau orang muda yang suka berkarya. Setiap anggota pramuka juga dibedakan sesuai tingkatan sekolahnya. Contohnya seperti siaga, penggalang, penegak dan pandega. Tingkatan tersebut sudah disesuaikan dengan umur dari setiap siswa atau anggota Pramuka.

Dalam organisasi pramuka, banyak sekali kegiatan yang sangat seru dan menyenangkan. Selain itu, kegiatan di kepramukaan juga sangat positif, dapat melatih kedisiplinan dan kemandirian pada diri setiap anggota. Di organisasi kepramukaan dapat melatih diri untuk bisa hidup berdampingan dengan alam dan mencintai alam disekitarnya supaya selalu dilestarikan.

Ketika mengikuti kegiatan kepramukaan hal yang menarik yaitu adanya apresiasi yang diberikan kepada anggotanya sebagai tanda bahwa mereka telah mengikuti kegiatan tersebut. Apresiasi yang diberikan kepada anggotanya yaitu berupa tanda kecakapan khusus yang disingkat menjadi TKK. Perlu kalian ketahui, bahwa TKK pramuka penegak juga memiliki tingkatan, sebagai berikut:

1. Purwa
Tanda Kecakapan Khusus pada tingkatan purwa mempunyai bingkai berwarna kuning dan berbentuk lingkaran.

2. Madya
Tanda Kecakapan Khusus pada tingkatan madya berbentuk persegi dengan bingkai yang berwarna kuning.

3. Utama
Tanda kecakapan khusus pada tingkatan utama memiliki bentuk segilima dengan bingkai yang berwarna kuning.

Warna kuning tersebut adalah warna utama pramuka penegak. Maka dari itu, setiap tingkatan TKK pada pramuka penegak semua bingkainya selalu berwarna kuning.

Tanda itulah yang menjadi bentuk apresiasi atas prestasi dan keterampilan atau kemampuan yang dimiliki oleh seorang anggota pramuka dalam bidang tertentu. Berikut ini ada beberapa tanda kecakapan khusus pada pramuka penegak dan cara pemasangan TKK pramuka penegak, simak penjelasan dibawah ini.

TKK yang berjumlah 5

Dalam pemasangan TKK sudah dijelaskan bahwa yang dipasang tidak boleh lebih dari 5 dan harus dipasang sesuai dengan letaknya masing-masing. TKK harus dipasang di lengan seragam sebelah kanan lencana wilayah, dua TKK disebelah kiri lencana wilayah dan satu TKK di bawah lencana wilayah.

TKK yang berjumlah lebih dari 5

Jika jumlah TKK yang dimiliki lebih dari 5 pemakaian bisa dipasang pada selempang yang digunakan untuk menempelkan TKK yaitu tetampan.

  • Cara pertama : Tetampan bisa diletakkan di depan dada.
  • Cara kedua : Penggunaan tetampan di bagian punggung ketika TKK di peroleh anggota Pramuka dengan jumlah yang sangat banyak. Untuk penggunaan dibagian punggung harus diurutkan dari atas ke bawah.
  • Cara ketiga : Penggunaan tetampan dengan cara di selempangkan dibadan dengan membentuk huruf “X”.
  • Cara keempat : Penggunaan tetampan pada bagian punggung belakang dilakukan saat TKK yang di pasang di depan dada sudah tidak cukup lagi.

Di dalam kegiatan kepramukaan setiap anggotanya mendapatkan pengalaman baru seperti memasak, menanam pohon, mempelajari kompas, arah mata angin dan sebagainya. Selain itu anggota Pramuka juga sering terjun di masyarakat untuk mengabdi dengan begitu mereka sudah terlatih untuk mandiri.