PEMASANGAN ATRIBUT PRAMUKA YANG BENAR
PEMASANGAN ATRIBUT PRAMUKA YANG BENAR

Pemasangan Atribut Pramuka yang Benar Untuk Putra dan Putri

Pemasangan Atribut Pramuka yang Benar – Seperti yang kita ketahui, bahwa pada pramuka tingkatan siaga ataupun penggalang memiliki berbagai macam tanda pengenal atau bisa disebut dengan atribut pramuka. Atribut pramuka tersebut terpasang di pakaian seragam para anggota gerakan pramuka, baik putra maupun putri. Namun tahukah Anda, bahwa untuk pemasangan atribut pramuka menggunakan aturan dan terdapat tata caranya tersendiri?

Memang pada dasarnya dalam pemasangan atribut pramuka, harus sesuai dengan ketentuan dan tata cara yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara memasang atribut pramuka yang benar, kami akan mengulasnya pada artikel kali ini. Langsung saja simak aturan dan tata cara pemasangan atribut pramuka yang benar untuk putra dan putri dibawah ini.

Berikut adalah tanda pengenal atau atribut yang di pasang pada pakaian seragam pramuka Penggalang (putra maupun putri), diantaranya yaitu:

  • Tanda Tutup kepala.
  • Tanda Pelantikan.
  • Papan Nama.
  • Tanda WOSM (Kepanduan Dunia).
  • Badge Daerah.
  • Tanda Lokasi Kwarcab.
  • Gugus depan (Gudep).
  • Tanda Regu.
  • Tanda Kecakapan Umum.
  • Tanda Kecapakan Khusus.

Tata Cara Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang

1. Tanda Tutup Kepala

Tanda tutup kepala atau lebih sering disebut sebagai pin topi boni atau pin baret pramuka. Untuk cara pemasangannya yaitu, untuk putra berbentuk segi delapan dengan warna dasar merah dan di pasang pada bagian samping kiri baret pramuka. Sedangkan untuk putri berbentuk lingkaran  dengan warna dasar merah dan di pasang pada bagian depan topi boni.

2. Tanda WOSM

Tanda kepanduan dunia atau lebih sering disebut sebagai WOSM ini merupakan salah satu atribut pramuka yang memiliki warna dasar ungu. Untuk pemasangannya, putra berbentuk persegi dan di pasang pada baju pramuka tepat di bagian atas papan nama. Sedangkan untuk putri berbentuk bulat dan dipasang pada kerah baju sebelah kanan.

3. Papan Nama

Untuk atribut papan nama berwarna coklat muda. Untuk cara pemasangannya sama antara putra dan putri, yaitu di pasang pada baju pramuka tepatnya di dada sebelah kanan di bawah tanda WOSM.

4. Tanda Lokasi Kwarcab

Pada tanda lokasi kwarcab memuat nama Kabupaten atau Kota tempat anggota pramuka tersebut tinggal. Untuk tata cara pemasangan atribut ini yaitu di pasang pada lengan baju sebelah kanan dan di posisikan di atas, berlaku untuk putra maupun putri.

5. Tanda Gugus Depan

Atribut tanda gugus depan umumnya memuat nomor gugus depan dari setiap pangkalan. Untuk tata cara pemasangannya, untuk putra maupun putri di pasang pada lengan baju sebelah kanan tepatnya dibawah tanda lokasi Kwarcab.

6. Badge Daerah

Badge daerah merupakan salah satu atribut pramuka dengan lambang Kwartir Daerah (Kwarda) yakni daerah tempat anggota pramuka tersebut tinggal. Ketentuan pemasangan badge daerah untuk putra maupun putri di pasang pada lengan baju pramuka sebalah kanan, tepatnya di bawah tanda gugus depan.

7. Tanda Kecakapan Khusus (TKK)

Pemasangan TKK baik putra maupun putri, yakni pada lengan baju sebelah kanan, tepatnya di bagian kanan, kiri, dan bawah badge daerah. Perlu Anda ketahui, bahwa TKK yang boleh di pasang pada lengan baju pramuka maksimal 5 TKK.

8. Tanda Regu

Umumnya tanda regu pramuka berbentuk persegi dengan gambar sesuai dengan nama regu tersebut. Pemasangan tanda regu untuk putra maupun putri sama, yakni di pasang pada lengan baju sebelah kiri paling atas.

9. Tanda Kecakapan Umum (TKU)

Untuk pemasangan TKU baik putra maupun putri sama, yakni di pasang pada lengan baju sebelah kiri tepatnya di bawah tanda regu.

10. Tanda Pelantikan

Tanda pelantikan memiliki warna dasar coklat tua. Untuk putra di pasang pada baju pramuka sebelah kiri tepatnya di bawah lipatan baju. Sedangkan untuk putri, di pasang pada kerah baju sebelah kiri.

Demikian ulasan kali ini, tentang pemasangan atribut pramuka penggalang yang benar untuk putra maupun putri. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi Anda semua.