MATERI BIVAK PRAMUKA
MATERI BIVAK PRAMUKA

Materi Bivak Pramuka Lengkap Berserta Cara Membuatnya

Materi Bivak Pramuka – Apakah kalian mengetahui apa itu bivak? Apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara membuatnya? Bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara membuat bivak dan seperti apakah bivak itu, kami akan mengulasnya dalam artikel kali ini yang berjudul materi bivak pramuka. Langsung saja, yuk simak materinya dibawah ini!

Pengertian Bivak Pramuka

Bivak adalah tempat untuk berlindung secara sementara di alam bebas agar terhindar dari berbagai macam hal, seperti gangguan cuaca, binatang buas, dan angin kencang. Bivak merupakan tergolong tempat darurat yang perlu digunakan untuk mengatasi berbagai macam hal tersebut.

Nah, bagi kalian para pecinta alam atau sering melakukan perkemahan di alam terbuka seperti pegunungan, hutan, dan lain sebagainya wajib untuk mengetahui teknik cara membuat bivak. Hal ini dikarenakan bivak merupakan salah satu kemampuan wajib dalam survival di alam bebas, sebab cara untuk membuatnya mudah dengan peralatan seadanya.

Jenis Bivak Pramuka

Pada bivak sendiri, dibagikan menjadi 3 jenis bivak. Untuk lebih lengkapnya tentang 3 jenis bivak, simak ulasan dibawah ini.

1. Bivak Alam

Jenis bivak ini dibuat dengan memanfaatkan sumber daya alam disekitarnya, seperti menggunakan dedaunan untuk digunakan sebagai atap, dinding atau alas. Selain itu untuk membuat bivak alam juga bisa memanfaatkan akar-akaran atau kulit pohon sebagai tali untumk membuat bivak.

2. Bivak Semi Buatan

Bivak jenis semi buatan ini dibuat dengan cara menggunakan bahan-bahan buatan industri lalu digabungkan dengan bahan-bahan alami, seperti contohnya menggunakan ponco sebagai atap dan beberapa akar gantung sebagai tali.

3. Bivak Buatan

Bivak jenis buatan sendiri adalah bivak yang di buat dengan cara menggunakan bahan-bahan buatan atau bahan industri, seperti membuat bivak menggunakan ponco dengan memanfaatkan tali rafia sebagai bahan penunjangnya atau bahan lainnya.

Perlu Diketahui Sebelum Membuat Bivak

Jika kalian hendak membuat bivak, kalian harus menentukan tempat-tempat yang layak dan aman untuk digunakan atau ditempati. Kenapa demikian? karena untuk menjaga kenyamanan dan tetap hangatnya tempat berlindung serta menghindari cepatnya penurunan daya tahan tubuh.

  • Dirikan bivak di bawah kerindangan pohon yang tembus sinar matahari. Jangan dirikan di bawah pohon yang rapuh dan lapuk.
  • Dirikan bivak yang terlindung dari terpaan angin, jangan dirikan bivak di tempat yang terbuka dari terpaan angin.
  • Dirikan bivak pada tempat yang kering dan rata, untuk daerah yang lembab, buatlah para-para yang kokoh. Jangan dirikan bivak di lereng gunung atau lembah.
  • Jangan dirikan bivak terlalu dekat dengan dialiran sungai ataupun pada jalur lintas binatang.
  • Jangan pernah lupa untuk membuat parit di sekitar bivak yang anda dirikan, sehingga ketika hujan turun anda dapat tetap merasa nyaman.
  • Pada situasi bivak yang permanen, usahakan dirikan pada daerah yang dekat dengan sumber air.

Tips Membangun Bivak

Berikut tips membuat atau membangun bivak supaya tetap kuat dan nyaman untuk digunakan.

  1. Bivak dengan sudut minimal 45 derajat, digunakan sebagai tempat berlindung dari hujan dengan bentuk menyudut akan mengalirkan sebagian besar air secara maksimal, sehingga air tersebut tidak sampai masuk ke bivak.
  2. Membuat struktur dasar atau rangka yang kuat dengan menggunakan tali atau sulur tanaman untuk mengikat dan mengamankannya.
  3. Memperhatikan kondisi sekitar sangat penting dilakukan sebelum membangun bivak, jangan membangun bivak didekat bangkai hewan, kotoran, atau area lembah yang rawan longsor.
  4. Kalian harus menghindari membuat bivak yang terlalu dekat dengan sungai yang rawan didatangi oleh hewan liar.

Demikian materi tentang bivak pramuka, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. Bagi kalian para anggota gerakan pramuka, sangat penting untuk mengetahui teknik cara membuat bivak entah itu di bivak alam, semi buatan, ataupun bivak buatan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://ayokupas com/1673/materi-bivak-pramuka html