PERBEDAAN BAJU PRAMUKA LAKI LAKI DAN PEREMPUAN
PERBEDAAN BAJU PRAMUKA LAKI LAKI DAN PEREMPUAN

Perbedaan Baju Pramuka Laki-Laki dan Perempuan

Perbedaan Baju Pramuka Laki-Laki dan Perempuan – Seperti yang kita semua ketahui, bahwa Pramuka merupakan kata singkatan dari Praja Muda Karana. Dalam hal ini hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Selain itu ada beberapa tingkatan pada pramuka, yakni pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak, dan pramuka pandega. Dari beberapa tingkatan dalam pramuka tersebut tentunya memiliki seragam baju pramuka yang berbeda.

Namun yang membuat sama baju pramuka dari beberapa tingkatan tersebut yaitu baju pramuka berwarna coklat muda. Namun jangan salah, warna coklat pada baju pramuka tersebut apabila diperhatikan juga berbeda di setiap tingkatan dalam pramuka. Kenapa sih, seragam pramuka berwarna coklat? Dikarenakan warna coklat identik dengan seragam para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Namun kali ini kami tidak akan mengulas artikel tentang perbedaan seragam pramuka laki-laki dan perempuan, melainkan kami akan mengulas perbedaan baju pramuka antara laki-laki dan perempuan. Penasaran dengan perbedaannya? Yuk langsung simak ulasan dibawah ini.

Baju Pramuka Laki-Laki

Baju pramuka yang dipakai oleh putra, memiliki warna coklat muda berlengan pendek dengan beberapa atribut sebagai berikut:

  1. Tanda pandu dunia.
  2. Papan nama.
  3. Tanda lokasi Kwarcab (Nama Lokasi Kabupaten).
  4. Tanda nomor gugus depan (Bernomor ganjil).
  5. Badge Daerah.
  6. TKK (Tanda Kecakapan Khusus).
  7. Tanda jabatan.
  8. Tanda pelantikan.
  9. Tanda barung.
  10. TKU (Tanda Kecakapan Umum).

Baju Pramuka Perempuan

Baju pramuka yang dipakai oleh putri, juga memiliki warna doklat muda namun lengan panjang dan terdapat beberapa atribut yang berbeda apabila dibandingkan dengan baju pramuka putra sebagai berikut:

  1. Tanda pandu dunia.
  2. Papan nama.
  3. Tanda lokasi Kwarcab (Nama Lokasi Kabupaten).
  4. Tanda nomor gugus depan (Bernomor genap).
  5. Badge Daerah.
  6. TKK (Tanda Kecakapan Khusus).
  7. Tanda jabatan.
  8. Tanda pelantikan.
  9. Tanda barung.
  10. TKU (Tanda Kecakapan Umum).

Sebenarnya hal terlihat menjadi pembeda dari baju pramuka laki-laki dan perempuan yaitu terletak pada atribut baju dan pemasangan atribut tersebut. Seperti misal atribut tanda pandu dunia yang berlatar belakang ungu. Untuk lambang pandu dunia yang dipasangkan di baju pramuka putra yaitu berbentuk persegi dan dipasangkan di dada tepatnya di atas papan nama.

Sedangkan untuk lambang pandu dunia yang dipasangkan di baju pramuka putri yaitu berbentuk lingkaran atau bulat dan dipasangkan di kerah baju bagian kanan. Bagaimana? apakah kalian sudah bisa membedakan antara baju pramuka laki-laki dan perempuan? Semoga dengan artikel ini kalian paham dengan perbedaannya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://ayokupas com/1551/perbedaan-baju-pramuka-laki-laki-dan-perempuan html