CARA MEMAKAI PERALATAN PRAMUKA SD
CARA MEMAKAI PERALATAN PRAMUKA SD

Cara Memakai Peralatan Pramuka SD Laki-laki

Cara Memakai Peralatan Pramuka SD Laki-laki – Halo sobat pramuka Indonesia! Apa kabar kalian semua? Semoga selalu semangat dan sehat selalu ya. Kegiatan kepramukaan tentunya sudah umum di setiap sekolah, namun apakah kalian mengetahui bagaimana cara untuk memakai peralatan pramuka SD yang baik dan benar terutama untuk laki-laki atau putra.

Ketika sedang melaksanakan kegiatan kepramukaan, tentu para anggota gerakan pramuka harus memakai seragam dan peralatan pramuka. Seragam pramuka memiliki ciri khas yaitu berwarna coklat muda dan coklat tua. Selain itu pakaian seragam pramuka juga memiliki beberapa fungsi utama, antara lain:

  1. Untuk meningkatkan sikap disiplin.
  2. Untuk menumbuhkan jiwa persatuan dan kesatuan.
  3. Untuk meningkatkan rasa tanggung jawab.
  4. Untuk melatih kesederhanaan, keindahan, kerapian, ketertiban dan juga kesopanan.
  5. Untuk menanamkan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia.

Dalam memakai seragam pramuka, juga terdapat peralatan-peralatan yang harus dipakai, entah itu perlengkapan seperti topi, setengan leher, dan lain sebagainya. Oleh karena itu bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana cara untuk memakai peralatan pramuka SD terutama putra, kami akan memberikan tutorialnya.

Cara Memakai Peralatan Pramuka SD

1. Topi Pramuka

Untuk pemakaian peralatan pramuka yang pertama yaitu pemakaian topi pramuka. Anggota gerakan pramuka SD putra memakai topi pramuka berwarna coklat tua dengan bagian tanda tutup kepala diarahkan ke depan. Bentuk topi tersebut seperti topi joki dengan lima potongan, dan pada setiap potongan tersebut diberikan bisban berwarna coklat selebar 0, 75 cm.

2. Setengan Leher

Peralatan pramuka yang perlu dipakai selanjutnya yaitu setengan leher atau lebih biasa disebut hasduk. Untuk pemakaian setengan leher pada anggota gerakan pramuka putra, dilipat dan disesuaikan dengan sisi kanan dan kirinya lalu sisakan sedikit lipatan hingga berbentuk segitiga.

Setelah itu kalian bisa memakainya di baju seragam pramuka kalian dan ditutupi dengan kerah baju. Jangan sampai lupa untuk menggunakan cincin atau kolong berwarna dasar hijau agar setengan leher bisa terikat dan terlihat rapi.

3. Papan Nama

Untuk badge nama atau papan nama anggota gerakan pramuka, bisa kalian pasang di bagian depan baju seragam pramuka tepatnya di bagian atas saku kanan.

4. Tanda Gugus Depan

Pada umumnya setiap sekolah memiliki tanda gugus depan yang berbeda, perbedaannya ada pada nomor gugus depan tersebut. Dan satu sekolah tersebut tentunya memiliki nomor gugus depan yang berbedaa antara putra dan putri. Biasanya para anggota gerakan pramuka putra bernomor gugus depan ganjil.

Untuk pemasangan tanda gugus depan ini yaitu dipasang pada lengan baju seragam pramuka sebelah kanan tepat di bawah tanda lokasi kwartir cabang gerakan pramuka.

5. Tanda Barung

Tanda barung umumnya berbentuk segitiga dengan warna sesuai dengan nama barung tersebut. Untuk pemasangan tanda barung, bisa dipasang pada lengan baju seragam pramuka sebelah kiri paling atas.

Demikian cara memakai peralatan pramuka Sekolah Dasar untuk putra. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian dalam memakai atau memasang peralatan dan perlengkapan pramuka untuk SD.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara memakai peralatan pramuka perempuancara pakai perlengkapan pramuka