PERBEDAAN SERAGAM PRAMUKA SIAGA PUTRA DAN PUTRI
PERBEDAAN SERAGAM PRAMUKA SIAGA PUTRA DAN PUTRI

Perbedaan Seragam Pramuka Siaga Putra dan Putri

Perbedaan Seragam Pramuka Siaga Putra dan Putri – Seragam pramuka tentunya dikenakan oleh para siswa dan siswi, entah itu tingkat SD, SMP, SMA/SMK/MA. Seperti yang kita semua ketahui, bahwa seragam pramuka memiliki warna dengan atasan berwarna coklat muda dan bawahan berwarna coklat tua.

Sebenarnya dengan memakai seragam pramuka terdapat makna didalamnya, yakni agar memiliki jiwa disiplin, patriotik, dan merupakan wujud dari impelementasi Bhineka Tunggal Ika. Maksud dari makna implementasi Bhineka Tunggal Ika yaitu meskipun memiliki latar atau sekolah yang berbeda, tetapi tetap memakai seragam yang sama.

Namun untuk seragam pramuka siaga, berbeda dengan seragam pramuka pada umumnya. Terdapat beberapa badge pada seragam pramuka siaga putra dan putri dengan ketentuan yang berbeda. Lalu, apa sih perbedaan seragam pramuka siaga putra dan putri? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan dibawah ini.

Berikut Perbedaan Seragam Pramuka Siaga Putra dan Putri

Seragam Pramuka Siaga Putra

Seragam pramuka siaga untuk putra memadukan warna coklat muda dan tua, berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Untuk pakaian seragam pramuka putra memakai topi berwarna tua dengan bagian tanda tutup mengarah ke depan.
  2. Sedangkan untuk bagian baju atau kemeja seragam pramuka siaga putra yakni berwarna coklat muda berlengan pendek. Selain itu terdapat dua saku tempel pada bagian kanan dan kiri.
  3. Untuk celana seragam pramuka siaga berwarna coklat tua berupa celana pendek dengan panjang celananya sampai ke lutut.
  4. Setengan leher atau hasduk yang dikenakan di bawah kerah baju, berwarna merah putih dan berbentuk segi tiga sama kaki. Untuk setengan atau hasduk tersebut digunakan secara bersamaan dengan ring atau kolong.
  5. Kaos kaki untuk pramuka siaga putra berwarna hitam dan panjangnya sampai ke betis.
  6. Pada bagian lencana nama diletakkan di bagian kanan depan, di atas saku bagian kanan.
  7. Pramuka siaga putra harus memakai sepatu berwarna hitam, tidak bertumit dan tertutup.

Seragam Pramuka Siaga Putri

Seragam pramuka siaga untuk putri juga memadukan warna coklat muda dan tua, namun tentunya berbeda dengan seragam pramuka siaga untuk pria.

  1. Pada bagian seragam seragam pramuka siaga putri, memakai topi berwarna coklat tua dan dibuat dengan cara mengombinasikan 5 potongan kain kemudian dijadikan satu. Terdapat semacam bulatan kecil di atas topi yang berfungsi untuk menghubungkan 5 potongan potongan kain.
  2. Untuk bagian baju seragam pramuka siaga putri yakni berwarna coklat muda dengan berjeniskan model baju kerah yaitu kerah shiller serta untuk lebar lidah bahu 2,5 cm. Baju seragam pramuka siaga putri berlengan pendek dan terdapat 2 lis dengan ukuran lebar lis yakni 1,5 cm dan bawah 3 cm.
  3. Pada baju bagian depan bawah terdapat dua saku tempel di sisi kanan dan kiri.
  4. Sedangkan untuk rok pada seragam pramuka siaga putri berwarna coklat tua dengan model kulot. Untuk panjang roknya sekitar 5 cm di bawah lutut.
  5. Kaos kaki untuk pramuka siaga putri berwarna hitam dan panjangnya harus sampai ke betis.
  6. Pada bagian badge nama diletakkan di bagian kanan depan.
  7. Pramuka siaga putri harus memakai sepatu berwarna hitam bertumit tapi tidak terlalu tinggi, jenis sepatu juga harus tertutup.

Itulah ulasan mengenai perbedaan seragam pramuka siaga putra dan putri. Pembahasan diatas dapat dijadikan acuan sebelum membeli seragam sekolah pramuka yang tepat dan sesuai dengan tingkat pramuka. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

perbedaan seragam pramuka siaga putra putri