GAME PRAMUKA INDOOR SERU
GAME PRAMUKA INDOOR SERU

Game Pramuka Indoor di Ruangan Tetap Seru dan Menyenangkan

Game Pramuka Indoor – Halo sobat Pramuka Indonesia! Seperti biasa kali ini kami akan mengulas artikel seputar pramuka. Nah kali ini kami akan mengulas artikel tentang game pramuka indoor atau dilakukan di dalam ruangan. Jadi meskipun game pramuka dilakukan di dalam ruangan akan tetap seru dan menyenangkan.

Memang dalam kegiatan kepramukaan kurang lengkap dan seru rasanya apabila tidak ada momen-momen yang sulit untuk dilupakan, oleh karena itulah dalam setiap kegiatan kepramukaan perlu di isi dengan permainan atau game yang bisa dijadikan pengalaman seru dan tidak terlupakan.

Selain menyenangkan, game pramuka juga dapat mengurangi kejenuhan dan ketegangan dalam kegiatan perkemahan. Game pramuka juga bisa menghilangkan rasa jenuh karena adanya kegiatan pembelajaran materi-materi pramuka ataupun kegiatan kepramukaan lainnya. Oleh karena itulah kami tertarik untuk mengulas, apa saja sih game pramuka indoor yang seru?

Sebenarnya banyak sekali jenis permainan dalam kegiatan kepramukaan yang bisa kalian lakukan dalam kegiatan pramuka. Namun umunya yang orang ketahui yaitu game pramuka outdoor atau di luar ruangan, oleh karena itu kami akan memberikan referensi game pramuka indoor untuk kalian semua.

Game Pramuka Indoor Seru

1. Mengenali Teman

Game pramuka indoor yang pertama yaitu game mengenali teman. Game pramuka ini bertujuan untuk saling mengenal teman secara lebih dalam, berani mengungkapkan diri, dan melatih kecerdasan. Cara bermainnya cukup gampang, peserta hanya perlu menyiapkan peralatan yaitu kertas kosong dan alat tulis untuk setiap peserta.

Lalu seluruh peserta bisa menulis data pribadi mereka, seperti nama lengkap, data keluarga, hobi, alamat, dan lain sebagainya. Setelah itu semua kertas yang sudah di isi dengan data pribadi tersebut bisa dikumpulkan, lalu kalian bisa memberikan kertas tersebut secara acak kepada masing-masing peserta.

Setelah itu kalian bisa memberikan waktu sekitar 2 sampai 3 menit kepada para peserta untuk menghafal data pribadi temannya. Kemudian kalian bisa menunjuk kepada salah satu peserta untuk maju ke depan dan bertanda kepada peserta tersebut tentang data pribadi yang dia terima. Dalam hal ini peserta yang ditanyai harus bisa menjawab dan yang memiliki data pribadi tersebut harus memperhatikan benar atau tidaknya jawaban dari temannya.

2. Tebak Gambar

Game tebak gambar ini bisa dijadikan game pramuka indoor, karena kalian hanya memerlukan alat tulis dan papan tulis. Cara bermainnya cukup mudah, kalian bisa menunjuk 3 peserta untuk maju ke depan lalu masing-masing diberikan tugas yang berbeda-beda. Peserta pertama menentukan gambar apa yang ingin ditebak, peserta kedua menggambar, dan peserta ketiga menebak.

Untuk peserta lainnya yang tidak tergabung bisa menebak apabila peserta yang ditugaskan untuk menebak tidak bisa menebak gambar tersebut. Supaya gambar yang ditebak agak sulit, bisa menggambarkan setengah gambar saja. Seperti contoh apabila ingin menggambar gajah, maka yang digambar hanya belalainya saja.

3. Tebak Kata

Mungkin game ini sudah banyak yang mengetahui, namun game pramuka indoor ini tergolong seru dan menyenangkan apabila dilakukan di dalam ruangan. Cara bermainnya yaitu kalian bisa menunjuk 2 peserta, yaitu perempuan dan laki-laki. Nantinya kalian bisa menentukan dan menulisnya di kertas, contoh kata seperti “ayam bakar”.

Nantinya kedua peserta tersebut memiliki tugas yang berbeda, untuk peserta laki-laki akan menebak kata tersebut dan kalian bisa memegang kertas tersebut diatas kepala peserta laki-laki menghadap ke peserta perempuan. Peserta perempuan bertugas untuk menjawab setiap jawaban yang diucapkan peserta laki-laki dengan jawaban (Ya, Tidak, Bisa Jadi).

Akhir Kata

Demikian ulasan kali ini, tentang game pramuka indoor yang seru dan menyenangkan untuk di mainkan dalam ruangan. Bagaimana? Cukup seru bukan? Jadi walaupun kegiatan pramuka dilakukan di dalam ruangan tidak ada alasan untuk tidak bersenang-senang.