MATERI SEMAPHORE PRAMUKA
MATERI SEMAPHORE PRAMUKA

Materi Semaphore Pramuka Lengkap

Materi Semaphore Pramuka Lengkap – Jika Anda salah satu anggota gerakan pramuka, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah semaphore. Namun tentunya tidak semua mengetahui tentang materi semaphore mulai dari sejarah, pengertian, manfaat, gerakan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membagikan meteri semaphore pramuka untuk Anda semua, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Sejarah Semaphore

Sejarah terciptanya sandi semaphore yakni diciptakan oleh insinyur sekaligus pendeta yang berasal dari Prancis bernama Claude Chappe pada tahun 1790. Tujuan diciptakan sandi ini yaitu untuk kepentingan militer, supaya para anggota militer bisa tetap berkomunikasi walaupun dari jarak yang jauh.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa pada saat itu semaphore tidak menggunakan bendera tetapi menggunakan kayu yang berukuran besar dan berbentuk menyerupai lengan manusia. Kayu tersebut nantinya dipasang di atas menara-menara tinggi yang jaraknya 8-160 km antar satu menara dengan menara lainnya.

Selain itu pada setiap menara semaphore ditempatkan satu signaller sebagai operator, serta dilengkapi dengan teleskop yang berfungsi untuk alat bantu melihat pesan yang dikirimkan signaller lain dari jarak jauh. Metode semaphore juga lebih simpel dan bisa digunakan dalam kondisi susah sinyal sekalipun, oleh karena itulah semaphore masih banyak digunakan untuk kondisi darurat.

Pengertian Semaphore

Semaphore adalah bagian terpenting dalam kegiatan pramuka, yaitu suatu cara untuk mengirim dan menerima berita atau pesan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong, ataupun sarung tangan.Metode semaphore ini dilakukan dengan cara mengulurkan kedua tangan, lalu membentuk posisi gerakan tertentu sesuai dengan formasi yang sudah ditentukan.

Lalu, bagaimana cara membaca informasi dari berita atau pesan tersebut? Yaitu dengan membaca melalui posisi bendera atau gerakan tangan tersebut.

Manfaat Semaphore

Dalam hal ini semaphore memiliki manfaat yaitu sebagai salah satu cara untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Oleh karena itu metode semaphore merupakan salah satu materi yang wajib diajarkan dan dihafalkan oleh seluruh anggota gerakan pramuka. Kenapa demikian? Supaya para anggota gerakan pramuka tetap bisa berkomunikasi dari jarak yang jauh.

Bendera Semaphore

Umumnya bendera semaphore memiliki bentuk persegi dengan ukuran 45 cm x 45 cm, sedangkan panjang tongkat untuk memasang bendera semaphore yaitu dengan ukuran 55 cm. Selain itu bendera semaphore umumnya berwarna merah dan kuning.

Sebenarnya bendera semaphore tidak harus berwarna merah dan kuning, tetapi memiliki warna cerah dan kontras sehingga bisa dilihat jelas walaupun dari jarak yang jauh.

Gerakan Semaphore

Gerakan pada metode semaphore terdiri dari 30 formasi, yang masing-masing melambangkan huruf, angka, ataupun isyarat tertentu. Supaya lebih jelasnya Anda bisa melihat gambar dibawah ini, sebagi berikut.

Gerakan Semaphore

Itulah meteri lengkap tentang metode semaphore pramuka. Jika Anda ingin cepat menghafalkan gerakan semaphore yaitu dengan mengetahui prinsip arah putaran jarum jam, karena gerakan semaphore secara perlahan akan bergeser sesuai arah putaran jarum jam apabila dilihat dari sisi penerima pesan tersebut.