CARA MEMBUAT TEKNOLOGI TEPAT GUNA PRAMUKA
CARA MEMBUAT TEKNOLOGI TEPAT GUNA PRAMUKA

Cara Membuat Teknologi Tepat Guna Sederhana Pramuka

Cara Membuat Teknologi Tepat Guna Sederhana Pramuka – Halo sobat Pramuka! Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah tips tentang cara membuat teknologi tepat guna pramuka yang sederhana dan tentunya mudah untuk dibuat. Bagi kalian yang belum mengetahui pengertian dari teknologi tepat guna, kami akan memberikan penjelasan singkat agar mudah dipahami.

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna merupakan suatu teknologi yang dirancang dan dibuat bagi suatu masyarakat tertentu supaya bisa disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, budaya, sosial, politik, serta ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Pada intinya teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang berdasarkan aspek-aspek lingkungan pada msyarakat tertentu.

Selain itu teknologi tepat guna juga menggunakan sumber daya yang tersedia supaya memecahkan masalah yang dihadapi secara berdayaguna serta berhasilguna. Hal itu agar pelaksanaan tugas sehari-hari menjadi lebih mudah, murah, dan sederhana.

Ciri-ciri Teknologi Tepat Guna

Terdapat beberapa ciri-ciri yang menggambarkan teknologi tepat guna, diantaranya sebagai berikut:

  • Perbaikan teknologi tradisional yang dijadikan tulang punggung pertanian, pengubah energi, industri, kesehatan, transportasi, dan juga kesejahteraan masyarakat.
  • Angaran atau biaya investasi cukup rendah dan lebih murah.
  • Memiliki teknis yang sederhana dan mampu untuk dipelihara serta didukung oleh keterampilan di suatu tempat.
  • Masyarakat lebih mudah untuk mengenal dan bisa mengatasi lingkungannya.
  • Penggunaan sumber daya alam, energi, dan bahan lainnya bisa lebih baik dan optimal.
  • Menjadi salah satu alat mandiri para masyarakat untuk mengurangi ketergantungan kepada pihak luar.

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri dari teknologi tepat guna itu sendiri, sekarang kami akan memberikan salah satu contoh teknologi tepat guna dan cara membuatnya. Kami akan membuat teknologi tepat guna sederhana, yakni alat pembasmi nyamuk. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Bahan dan Alat

  • Botol plastik bekas ukuran 1, 5 liter.
  • Air 200 ml.
  • Gula merah 50 gram.
  • Ragi 1 gram.
  • Kantong plastik warna hitam 1 biji
  • Tali karet

Cara Membuat

  1. Langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu memotong botol plastik di tengah, lalu simpan bagian atas atau mulut botol.
  2. Panaskan air 200 ml hingga mendidih, selanjutnya campur gula merah dengan air panas tersebut dan biarkan hingga dingin.
  3. Apabila campuran air dan gula merah tersebut sudah benar-benar dingin, kalian bisa menuangkannya di separuh bagian potongan bawah botol.
  4. Lalu tambahkan ragi tanpa perlu di aduk.
  5. Selanjutnya pasang atau masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong.
  6. Lalu bungkus botol dengan kertas atau kantong plastik berwarna hitam dengan karet, kecuali bagian atasnya.
  7. Teknologi tepat guna sederhana pramuka  berupa alat pembasmi nyamuk siap digunakan.

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan kepada kalian, mengenai teknologi tepat guna sederhana dan cara membuat teknologi tepat guna sederhana pramuka. Nantikan artikel-artikel berikutnya seputar materi pramuka dan lain sebagainya hanya di ayokupas.com.