VPS gratis
VPS gratis

7 Hal Yang Harus Anda Pertimbangkan dalam Memilih VPS Gratis

Apakah Anda memiliki web dengan trafik pengunjung yang mulai meningkat dan servis yang bertambah? Jika iya, mungkin ada baiknya Anda melirik VPS hosting. Namun jika Anda masih ragu berpindah dari shared hosting ke VPS, Anda bisa mencoba VPS gratis. Seperti apa pertimbangannya? Simak terus artikel ini.

7 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan dalam Memilih VPS Hosting Gratis

VPS hosting

Perlu Anda ingat bahwa layanan gratis dari VPS hosting ini berbatas waktu. Jadi tidak ada layanan VPS hosting yang selamanya gratis. Itulah kenapa penawaran gratis dari VPS hosting ini disebut layanan uji coba.

Apa saja yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih layanan VPS hosting gratis?

1. Durasinya

Penyedia hosting biasanya memberikan servis gratis dalam jangka waktu tertentu. Ada yang kurang dari 1 hari, ada yang  3 hari, 7 hari, 14 hari, hingga 30 hari.

Pilihlah yang menyediakan periode uji coba gratis yang lebih lama. Karena semakin panjang waktu uji coba gratis yang Anda dapatkan, maka semakin lengkap evaluasi yang bisa Anda lakukan terhadap kesesuaian layanan hosting-nya dengan kebutuhan web Anda.

👉 TRENDING :  Pengertian Web Hosting, Jenis, dan Fungsinya

2. Fleksibilitas Pembatasan Fitur

Carilah penyedia hosting VPS yang memberikan akses penuh atau yang paling minim pembatasannya ke semua fiturnya semasa uji coba gratis layanannya.

Hal ini perlu Anda cermati karena fitur VPS sangat banyak dan bisa Anda konfigurasi sesuai dengan kebutuhan web Anda. Jika fitur dan konfigurasinya banyak dibatasi, maka Anda tidak bisa maksimal untuk mencocokkannya dengan web yang Anda kelola.

3. Persiapan Server yang Ringkas

Karena waktu uji coba gratisnya terbatas, tentunya Anda membutuhkan penyedia hosting yang bisa menyiapkan server untuk Anda dalam waktu yang singkat dan ringkas.

Semakin cepat server Anda bisa digunakan, maka semakin panjang pula durasi Anda mencoba VPS hosting-nya secara gratis.

4. Opsi Sumber Daya yang Ditawarkan

Dalam memilih VPS hosting, tentunya Anda sudah paham bahwa Anda bisa memilih spesifikasi dari server yang Anda akan sewa. Mulai dari kapasitas RAM, kecanggihan CPU, jenis dan kapasitas media penyimpanannya, kuota bandwidth, dan lain sebagainya.

Carilah penyedia VPS hosting yang bisa memberikan layanan uji coba gratis dengan memberikan opsi dari sumber daya yang bisa Anda pilih. Hal ini berguna untuk mengetahui web Anda membutuhkan spesifikasi server seperti apa nantinya ketika berlangganan.

👉 TRENDING :  Menarik! Inilah Daftar Aplikasi Chat Untuk Jomblo

5. Mode Pengelolaannya

Jika Anda belum terlalu paham mengenai pengelolaan VPS, maka Anda bisa memilih VPS dengan paket terkelola yang mudah. Namun untuk Anda yang sudah paham untuk mengelola VPS, tentunya Anda ingin hosting yang sepenuhnya pengelolaan sumber dayanya ada di tangan Anda.

Untuk itu, sebelum memilih uji coba gratisnya, Anda harus memahami apakah penyedia hosting tersebut memberikan metode pengelolaan sumber daya hosting yang sesuai dengan yang Anda butuhkan atau tidak.

6. Dukungan Tim Teknis

Memiliki dukungan tim teknis yang bisa cepat tanggap terhadap permasalahan Anda selama 24 jam setiap hari tentunya akan membuat Anda bisa lebih bernafas lega dalam mengelola hosting dan web Anda.

Karena jika terjadi error atau permasalahan teknis pada server, tentunya akan berpengaruh kepada performa dan trafik web Anda.

Untuk itu, penting untuk mengetahui bahwa layanan hosting yang akan Anda pilih memiliki dukungan penuh tim teknis yang siap membantu Anda, sekalipun dalam masa uji coba gratis.

7. Pembatalan yang Mudah

Sebelum menyetujui program layanan uji coba gratisnya, Anda harus mencari tahu apakah penyedia layanan hosting tersebut memberikan kemudahan untuk pembatalan layanan sebelum lanjut ke layanan yang berbayar.

Sekarang Anda sudah paham indikator apa saja yang harus menjadi pertimbangan Anda sebelum mencoba layanan VPS gratis. Dan terlebih lagi, Anda juga sudah paham bahwa layanan tersebut sifatnya adalah layanan uji coba, jadi tidaklah selamanya gratis.