Cara Meredupkan Layar Laptop Acer Sesuai Sistem Operasinya 1
Cara Meredupkan Layar Laptop Acer Sesuai Sistem Operasinya 1

Cara Meredupkan Layar Laptop Acer Sesuai Sistem Operasinya

Cara meredupkan layar laptop Acer bisa Anda lakukan sesuai dengan Windowsnya. Biasanya tingkat kecerahan akan mempengaruhi kenyamanan ketika Anda menggunakan laptop. Bukan hanya itu saja, pasalnya setiap orang mempunyai kadar kecerahan monitor yang berbeda-beda.

Sehingga dengan adanya cara mengatur kecerahan menjadi terang atau redup sangat berguna untuk Anda yang bekerja dalam lingkungan yang terlalu terang ataupun terlalu gelap.

Cara Meredupkan Layar Laptop Acer

Cara Meredupkan Layar Laptop Acer Sesuai Sistem Operasinya
tek.id

Bagi Anda yang bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau minim sekali cahaya. Solusi yang mudah pastinya dengan meredupkan tingkat kecerahan pada laptop atau brightness. Dengan penggunaan layar laptop yang redup akan membuat mata menjadi lebih nyaman, serta bisa membuat baterai menjadi lebih hemat.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam masing-masing sistem operasi mempunyai cara dalam mengatur kecerahan cahaya yang berbeda-beda pula. Maka dari itu, berikut ini cara mengatur tingkat kecerahan cahaya sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Windows 7

Untuk cara meredupkan layar laptop Acer yang pertama dengan menggunakan sistem operasi Windows 7. Pada pengaturan yang satu ini sangat simpel dan mudah sekali untuk Anda praktekkan. Terdapat dua langkah dalam melakukan pengaturan kecerahan layar laptop pada Windows 7 tersebut. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama Anda bisa melakukan klik pada Start Menu, kemudian pilih Control Panel.

Apabila sudah, lanjutkan dengan klik Hardware and Sound, kemudian pilih bagian menu Power Options. Pada bagian kanan bawah, nantinya Anda akan menemukan tombol geser yang mempunyai fungsi alam melakukan pengaturan kecerahan layar laptop. Apabila ingin meredupkan layar laptop Anda bisa menggesernya ke kiri, begitu juga sebaliknya.

Langkah kedua, Anda bisa secara langsung mengklik ikon yang berbentuk baterai pada pojok kanan bawah halaman utama pada Windows. Setelah itu, Anda bisa memilih Adjust Screen Brightness. Pasalnya Anda akan secara langsung dibawa ke halaman Power Options. Temukan tombol untuk menggeser guna mengatur kecerahan layar. Bisa geser ke kiri untuk meredupkannya.

Windows 8

Cara meredupkan layar laptop Acer pada sistem operasi Windows 8. Anda bisa menekan tombol Windows + C guna membuka halaman dari Charms Bar. Kemudian Anda bisa klik Setting serta pilihlah tombol Brightness. Lakukan penarikan pada tombol slider ke arah atas dan bawah guna mengatur kecerahan pada layar laptop Anda.

Anda bisa memanfaatkan mouse dalam menggeser tombol, atau bisa juga menekan tanda panah bawah serta atas yang ada pada keyboard.

Windows 10

Anda dapat melakukan hal yang serupa seperti pada sistem operasi di Windows 7 untuk cara meredupkan layar laptop Acer. Tekanlah ikon yang berbentuk baterai pada Taskbar kemudian pilihlah opsi pengaturan kecerahan layar dengan cara memilih menu yang berlogo matahari. Bukan hanya itu saja, Anda bisa juga mengatur kecerahan melalui Control Panel.

Untuk langkahnya masuk terlebih dahulu ke Control Panel, kemudian pilihlah Appearance and Personalization. lanjutkan pada menu Display, lalu Adjust Brightness. Untuk mengatur pencahayaannya, Anda bisa menggeser tombol ke kanan atau ke kiri. Jika meredupkan berarti Anda menggesernya ke kiri.

Melalui Tombol Keyboard

Untuk mengatur pencahayaan selain menggunakan Control Panel atau logo berbentuk baterai yang terdapat pada Taskbar, Anda bisa memanfaatkan tombol keyboard yang telah tersedia. Pada biasanya laptop mempunyai tombol yang khusus guna meredupkan serta melakukan peningkatan kecerahan pada layar.

Tombol tersebut terdapat pada jejeran tombol F (Function) atau tombol navigasi (kanan, kiri, atas, bawah). Adapun ciri utama tombol keyboard dalam mengatur kecerahan layar terdapat logo seperti matahari. Jumlahnya sendiri terdapat dua, satu untuk meningkatkan, satunya lagi untuk meredupkan layar.

Secara Otomatis

Anda juga bisa melakukan cara meredupkan layar laptop Acer dengan otomatis apabila kondisi pencahayaan di sekitarnya tiba-tiba mengalami perubahan. sekarang ini seiring berkembangnya teknologi, sudah terdapat laptop salah satunya Acer yang mempunyai sensor kecerahan.

Cara kerjanya hampir sama dengan sensor yang berada di perangkat pintar Anda. Penggunaan sensor tersebut pada Windows sebagai fitur adaptive brightness. Fitur tersebut akan meredupkan layar berada di tempat gelap, dan dapat melakukan sebaliknya.

Untuk mengaktifkannya juga mudah. Buka Settings kemudian pilih Display. Cari pilihan ” Changes brightness automatically when lighting changes”. Lanjutkan klik Toggle sampai dengan berubah warna menjadi biru.

Sangat mudah bukan cara meredupkan layar laptop Acer kali ini?