cara mengembalikan akun instagram bisnis ke pribadi
cara mengembalikan akun instagram bisnis ke pribadi

Cara Mengembalikan Akun Instagram Bisnis ke Pribadi Tanpa Ribet

Bagaimana cara mengembalikan akun instagram bisnis ke pribadi? Menggunakan Instagram untuk bisnis sudah bukan hal baru lagi. Dengan berbagai fitur tambahan pada Instagram bisnis, Anda pasti merasa dimudahkan untuk menjangkau calon customer.

Akun bisnis Instagram sangat membantu kreator dengan berbagai fiturnya yang memudahkan. Tapi jika Anda ingin mengembalikan

Namun setelah semua target bisnis tercapai, Anda ingin kembali menggunakan akun pribadi. Tapi Anda tidak tahu cara mengembalikan akun Anda seperti sediakala. Tenang saja. Selalu ada solusi mudah dari Instagram untuk kebutuhan Anda.

Perbedaan Instagram Akun Pribadi dan Bisnis

Perbedaan Instagram Akun Pribadi dan Bisnis

Anda mungkin hanya mencari cara menghilangkan business account di Instagram agar bisa kembali dengan akun pribadi. Meski akun bisnis memiliki banyak kelebihan, tapi menggunakan akun yang mewakili suatu bisnis dan merek, pastinya tak sebebas menggunakan akun pribadi.

Namun bagi Anda yang tidak menggunakan akun bisnis di Instagram pasti juga bertanya-tanya apa itu professional account Instagram. Apakah jenis akun ini cuma bisa dipakai oleh pebisnis saja?

Tentu saja tidak. Siapa saja boleh menggunakan akun bisnis Instagram. Tapi memang ada beberapa fitur tambahan yang sayang jika tidak dimanfaatkan secara optimal.

1. Tampilan Profil Lebih Lengkap

Anda bisa menambahkan info tentang bisnis Anda di profil, mulai dari kategori bisnis hingga alamat usaha Anda. Tampilan informasi yang lengkap dan kredibel dapat membantu meningkatkan usaha Anda untuk jangka panjang.

2. Pilihan Cara Berkomunikasi

Jika pada akun pribadi kita cuma bisa saling berkirim direct message, ada pilihan tambahan pada akun bisnis. Anda bisa mengirimkan message, menambahkan alamat email dan juga nomor telepon.

3. Menu Insight 

Lebih mudah untuk memantau engagement dari postingan Anda pada akun bisnis. Sudah tersedia menu Insight yang tiga pilihannya: Account Reach, Account Engage, dan Total Follower.

Anda bisa memantau berapa total akun yang melihat postingan Anda (Account Reach) dan total akun yang berinteraksi dengan postingan Anda (Account Engage). Anda pun bisa mendapatkan demografi lengkap tentang followers Anda. Data ini penting untuk meningkatkan promosi bisnis Anda.

4. Memasang Iklan Lewat Ad Tools 

Anda pun bisa mengubah postingan menjadi iklan. Tinggal pelajari data-data follower dan hasil engagement dari postingan. Kemudian, gunakan fitur Ad Tools untuk memasang iklan. Fitur ini pun sudah lengkap dengan Insight yang menampilkan hasil pemasangan iklannya.

5. Fitur Instagram Shop 

Fitur ini memungkinan pengguna akun bisnis untuk memasang katalog bisnis dan bertransaksi langsung lewat Instagram. Ini seperti mengubah akun Instagram menjadi online shop.

Langkah Mudah Mengembalikan Instagram Pribadi

cara menghilangkan business account di Instagram

Sesungguhnya langkah-langkah untuk mengembalikan akun Instagram pribadi sudah tersedia di Pusat Bantuan Meta. Tanpa banyak syarat, siapapun bisa mengikuti caranya berikut ini.

1. Masuk ke Profil Akun Instagram Anda

Langkah pertama untuk mengembalikan akun Instagram bisnis ke Instagram pribadi adalah dengan melakukan login ke akun Instagram Anda. Pastikan Anda telah menggunakan profil yang benar.

2. Cari Menu Lainnya di Laman Profil

Bentuknya adalah tiga garis berjajar horizontal. Jika Anda membuka Instagram dari ponsel, maka Anda akan menemukannya di pojok kanan atas. Sementara di browser, pilihan ini ada di deretan kiri bawah.

3. Cari Pilihan Setting

Setelah berhasil masuk ke laman profil Anda dan memilih opsi Lainnya, silahkan masuk ke menu Settings. Di situ terdapat banyak pilihan pengaturan, muai dari pengaturan akun hingga pengaturan keamanan dan privasi.

4. Pilih Menu Account 

Kemudian, sulahkan Anda masuk ke menu Account. Menu tersebut berisi pengaturan yang bisa Anda lakukan untuk akun dan profil Instagram Anda.

5. Alihkan ke Akun Pribadi

Gulirkan kursor ke bagian bawah. Anda akan menemukan opsi jenis akun. Di situ Anda dapat langsung mengubah akun bisnis Instagram untuk digunakan menjadi jenis akun pribadi.

6. Kembali ke Laman Profil Anda

Tidak lupa, silakan cek kembali akun Instagram Anda untuk memastikan akun Anda telah berubah menjadi akun pribadi. Proses mengubah jenis akun tidak membutuhkan waktu lama. Anda bisa langsung melihat hasilnya saat kembali ke laman profil Anda.

Sebelum memutuskan untuk mengubah jenis akun, Anda harus benar-benar memastikan bahwa Anda tidak membutuhkan fitur-fitur dalam Instagram bisnis. Jika Anda menginginkan kebebasan, maka akun bisnis bukanlah pilihan yang tepat.

Maka dari itu, ikuti langkah mudah cara mengembalikan akun Instagram bisnis ke pribadi. Ini akan membebaskan Anda untuk browsing di Instagram kembali.