Mengatasi Instagram kena phising
Mengatasi Instagram kena phising

Cara Mengatasi Instagram Kena Phising dan Tips Mencegahnya

Akibat kelalaian dalam mengoperasikan Instagram kadang-kadang akun Anda bisa kena bajak atau pishing. Kalau followers masih sedikit mungkin bisa ikhlas Anda relakan, tapi bagaimana kalau sudah ribuan? Ketahui cara mengatasi Instagram kena phising dan bagaimana cara mencegahnya.

Penyebab Phising dan Cara Mencegahnya

Phising sering kali terjadi pada mereka yang belum memahami literasi digital dengan baik. Membuka tautan-tautan aneh yang mengharuskan Anda mengisi data diri menjadi salah satu penyebab akun IG kena phising yang paling umum.

Supaya Anda tidak rentan mengalami phising, pastikan jika membuka tautan atau mengisinya, Anda harus memastikan bahwa tautan itu bukan link milik pembajak.

Jika akun Anda tiba-tiba tidak bisa login, maka ingat-ingatlah apa yang Anda lakukan sebelumnya. Apakah melakukan aktivitas yang tidak normal di Instagram sebelum atau mengisi link-link aneh yang tidak jelas dengan memasukkan data diri.

Jika yang Anda lakukan adalah hal yang kedua, bisa jadi akun Instagram Anda kena bajak. Namun, jangan bingung, jika hal itu terjadi cepat lakukan tindakan.

Instagram kena hack email diganti atau nomor handphone yang berubah pun masih ada solusinya. Anda bisa mengikuti tahapan-tahapannya.

Cara Mengatasi Instagram yang Kena Phising

Jika akun Instagram Anda kena bajak, maka ada beberapa cara berikut ini yang bisa kamu lakukan. Coba tahapannya sebelum membuat laporan langsung ke Instagram.

1. Menggunakan Nomor Handphone

Cara Mengatasi Instagram yang Kena Phising Menggunakan Nomor Handphone

Cara mengembalikan akun IG yang di-hack tanpa email juga bisa menggunakan nomor hp.

Saat akun Instagram tiba-tiba tidak bisa login dan memang karena alasan phishing, maka cepat-cepat login dan memeriksa apakah nomor hp sudah diganti pembajak atau belum.

Jika belum biasanya akan muncul notifikasi pemulihan kirim SMS seperti gambar berikut.

Selanjutnya Anda bisa langsung klik Kirim sebuah SMS dan tautan pemulihan pun akan masuk ke SMS nomor Anda.

Jika begini selesai pemulihannya. Cara ini bisa Anda lakukan kalau seandainya pembajak terlupa mengganti nomor handphone Instagram Anda.

2. Menggunakan Akun Facebook

Cara ini hanya bisa Anda lakukan jika akun Instagram Anda terhubung dengan Facebook.

Caranya mudah saja, sama seperti penggunaan sms di atas. Silakan Anda klik Masuk dengan Facebook. Tautan pemulihan akan terkirim ke email di akun Facebook Anda tersebut. Inilah untungnya jika Anda menghubungkan Facebook dengan Instagram.

3. Menggunakan eMail Instagram

Cara membuka Instagram yang kena block oleh hacker bisa Anda lakukan menggunakan email. Cara ini juga berlaku jika pembajak akun Anda belum mengganti email di akun Instagram yang mereka bajak.

Bagaimana caranya? Silakan masuk ke email yang Anda gunakan untuk Instagram Anda. Biasanya saat pembajak mengganti password akun Anda, akan masuk notifikasi email di sana.

Selanjutnya pilih Secure Your Account Here.

Cara Mengatasi Instagram yang Kena Phising 2

Setelah itu pilih lagi Tidak, Amankan Akun Saya.

Cara mengembalikan akun IG yang di-hack tanpa email

Akan terbuka halaman utama yang meminta Anda memasukkan akun dan password seperti semula. Buat password baru dan akun Anda pun sudah normal kembali.

Setelah Anda masuk kembali ke akun Anda, jangan lupa ganti data-data yang mungkin sudah berubah seperti nomor hp dan lainnya.

Bagaimana jika email pun sudah tidak bisa Anda akses lagi?

Cara terakhir dengan membuat laporan. Pada menu log in silakan pilih opsi Perlu Bantuan Lain? lalu ikuti langkah-langkahnya. Pada langkah ini Anda perlu antre untuk menunggu tindak lanjut dari Instagram.

Cara Mengatasi Instagram yang Kena Phising

Demikian  cara mengatasi Instagram kena phising. Tak perlu panik, silakan Anda coba tahapan pemulihan di atas.