Mengatasi Instagram terkunci
Mengatasi Instagram terkunci

Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Instagram Terkunci

Akun Instagram terkunci sementara kadang bikin Anda bingung bukan? Ketahui apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi Instagram terkunci sementara tersebut.

Ada akun yang terkunci dalam batas waktu yang jelas, ada juga yang tidak jelas sampai kapan terkunci. Sedangkan aktivitas di Instagram mungkin sangat penting bagi Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas bisnis di Instagram. Oleh karena itulah Anda harus mengatasinya jika akun Anda tidak juga tak kunjung bisa login.

Penyebab Akun Instagram Terkunci

Penyebab Akun Instagram Terkunci

Perlu Anda ketahui, sebenarnya jika Instagram mengunci sebuah akun, hal tersebut adalah cara Instagram untuk menyelamatkan akun terkait.

Kenapa? Sebab algoritma Instagram mendeteksi adanya aktivitas tidak normal atas akun Anda tersebut. Instagram pun menyelamatkan akun Anda dengan menguncinya.

Aktivitas tidak normal tersebut juga terkadang Anda sendiri yang melakukannya. Ketahui apa saja jenis aktivitas tidak normal yang membuat Instagram akhirnya mengunci akun Anda.

Akun Instagram terkunci sementara apakah bisa kembali? Jawabannya iya bisa kembali. Namun, Anda perlu tahu apa saja sebab sebuah akun biasanya terkunci:

  • Aktivitas mengikuti akun lain yang terlalu banyak dalam sehari.
  • Melakukan like yang tidak normal dalam satu aktivitas.
  • Login bersamaan, atau berganti informasi login terlalu sering dalam satu akun.
  • Aktivitas menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti misalnya menggunakan aplikasi tambah follower dan lainnya.
  • Akun mengalami peretasan.

Hal-hal di atas biasanya jadi penyebab Instagram akhirnya mengunci akun Anda. Jangan panik, Anda bisa menghubungi Pusat Bantuan Instagram untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Akun Instagram Terkunci Sementara

Jika kondisi akun Anda saat ini terkunci, maka silakan melakukan beberapa langkah berikut ini untuk memulihkan kembali akun tersebut:

  • Pertama, jangan lupa buat tangkapan layar di halaman akun Anda yang terkunci tersebut. Ini akan jadi bukti yang perlu Anda lampirkan saat membuat laporan. Setelah itu silakan logout dari akun tersebut.

Cara Mengatasi Akun Instagram Terkunci Sementara

  • Selanjutnya buka akun Instagram lain yang Anda miliki, atau milik teman yang bisa login seperti biasa.
  • Silakan masuk ke bagian profil akun lalu klik titik tiga yang ada di bagian kanan atas, pilih menu Pengaturan.

pengaturan instagram

  • Di menu pengaturan silakan ambil lagi menu Bantuan.

pusat bantuan instagram

  • Lanjutkan dengan Laporkan Masalah.

tutorial mengatasi akun Instagram terkunci

  • Akan muncul halaman khusus untuk melaporkan masalah. Silakan Anda isi laporan masalah Anda tersebut menggunakan bahasa formal dan detail.

Jangan menggunakan bahasa daerah atau yang tidak resmi karena menyebabkan Instagram tidak meresponnya. Lampiran tangkapan layar dan akun yang diminta pada halaman bantuan.

  • Setelah selesai, silakan klik tombol kirim yang ada di bagian atas halaman.

tutorial mengatasi akun Instagram terkunci

  • Terakhir, tunggu respon dari pihak Instagram. Respon tersebut akan masuk ke email dari akun yang kamu gunakan untuk melaporkan masalah tersebut. Jadi bukan email akun Anda yang terkunci.

Berapa lama akun IG terkunci sementara? Nah, setelah laporan tersebut Anda kirim melalui akun lainnya, biasanya Instagram akan melakukan pengecekan dalam beberapa hari. Anda perlu menunggu sampai pihak Instagram melakukan pengecekan, setidaknya selama tiga hari.

Setelah nantinya Instagram memulihkan akun Anda dan tidak terkunci, pastikan juga Anda mengetahui penyebabnya. Instagram akan memberitahukan hal tersebut melalui email.

Pastikan Anda tidak melakukan hal-hal yang tidak normal di akun Instagram untuk menghindari masalah Instagram terkunci.

Jadi saat IG tidak bisa Anda buka, silakan lakukan langkah-langkah mudah mengatasi Instagram terkunci sementara di atas.