Cara pindah aplikasi ke kartu sd
Cara pindah aplikasi ke kartu sd

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD – Penyimpanan internal yang penuh sering dikeluhkan oleh pengguna Android. Belum juga, bila mereka memasang aplikasi atau games dengan grafis tinggi yang memakai banyak memory.

Untuk menanganinya, pengguna dapat memindahkan beberapa aplikasi ke SD card atau kartu SD. Pemindahan ini dapat dilakukan dengan praktis tak perlu me-rooting smartphone lebih dulu.
Pengguna hanya perlu memasukkan kartu SD ke slots memory khusus yang disiapkan smartphone. Bagaimana caranya? Untuk mengetahuinya, simak keterangan berikut ini.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Memindahkan aplikasi ke kartu SD dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat memindahkannya lewat pengaturan smartphone, pengaturan aplikasi, dan memakai bantuan aplikasi lain.
Dilansir dari beragam sumber, berikut cara mengalihkan aplikasi ke kartu SD yang dapat Anda simak:

Tanpa aplikasi tambahan

Anda dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa aplikasi tambahan dan melalukan root lebih dulu. Tetapi, cara ini hanya berlaku untuk android versi Marshmallow 6.0 ke atas saja. Berikut langkah-langkahnya:

👉 TRENDING :  Privasi Aman ! Inilah Cara Mengunci Aplikasi di HP

1. Siapkan kartu SD lebih dulu

Siapkan kartu SD dan masukan ke slots memory yang ada di ponsel. Untuk ukuran kartunya, Anda dapat menyesuaikan dengan smartphone yang digunakan. Ada smartphone yang hanya memberikan dukungan kartu SD sampai 256 GB, dan ada pula yang memberi dukungan sampai 1 TB.

2. Buka menu seting pada smartphone

Buka menu seting pada ponsel Anda dan pilih halaman penyimpanan atau storage.

3. Pilih kartu SD yang akan dipakai

Pilih kartu SD yang akan dipakai, click icon tiga garis di atas kanan layar dan tentukan “Setelan Penyimpanan”.

4. Format kartu SD

Selanjutnya, pilih Format Kartu SD dan click Format sebagai intern. Tunggu hingga proses format selesai dan alihkan aplikasi ke kartu SD satu persatu.

Lewat pengaturan aplikasi

Bila cara pertama gagal, Anda dapat mencoba lewat pengaturan aplikasi. Tetapi, cara ini tidak berlaku untuk smartphone dengan OS Android 9 Pie , Android 10, dan Android 11. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu seting atau pengaturan pada smartphone Anda. Selanjutnya pilih menu aplikasi atau Apps.
  2. Pilih aplikasi yang hendak dipindahkan. Pilih menu ‘Ganti Penyimpanan’ dan pilih ‘SD Card’ supaya aplikasi berpindah ke memory external Anda.
  3. Jangan matikan smartphone Anda secara paksakan dan tunggu sampai program sukses dipindahkan.
👉 TRENDING :  Oppo Find X3 Pro 5G, Ponsel Flagship dengan Desain Futuristis

Memakai bantuan aplikasi

  1. Terakhir, Anda dapat melakukan dengan bantuan aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:
  2. Unduh aplikasi Link2SD di Playstore. Aplikasi ini dapat didownload dengan gratis, sehingga Anda dapat memakainya dengan bebas.
  3. Pilih aplikasi yang akan dipindah ke kartu SD.
  4. Click ‘Move to SD Card’ dan pilih OK untuk mengawali proses data transfer. Tunggu sampai prosesnya selesai dan aplikasi akan dipindakan ke kartu SD Anda.

Penutup

Demikianlah artikel terkait cara memindahkan aplikasi ke kartu sd dengan mudah yang dapat mengatasi lag pada hp anda karena penyimpanan eksternal penuh. Anda dapat mencoba cara cara diatas untuk mengatasinya. Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat!.