cara mengetahui password wifi tanpa aplikasi
cara mengetahui password wifi tanpa aplikasi

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Terkunci Tanpa Aplikasi

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Terkunci Tanpa Aplikasi – Ada cara melihat password WiFi yang terkunci tanpa aplikasi tambahan, mungkin tidak semua pengguna internet tahu tentang hal ini.

Saat ini, akses WiFi bisa ditemukan di mana saja, mulai dari rumah, warung, kantor sampai fasilitas umum lainnya. Tetapi akses tersebut tidak mudah, karena kebanyakan jaringan WiFi diberi pengaman kata sandi atau password.

3 Cara Mengetahui Password Wifi tanpa Aplikasi

Hanya saja pengaman kata sandi menjadi kendala sendiri jika terlupa. Untuk mempermudah cara mengetahuinya bisa dilakukan baik dengan bantuan aplikasi atau tidak. Terdapat tiga cara mudah untuk bisa melihat sandi WiFi tanpa aplikasi antara lain :

1. Konfigurasi IP Address

Cara ini paling sering digunakan untuk melihat sandi WiFi tanpa menggunakan aplikasi, cara yang satu ini cukup mudah dan biasanya anti gagal.

Cara ini juga digunakan untuk melihat sandi jaringan yang menggunakan router modem, misalnya indihome dan jaringan @wifi.id,. Untuk mengetahui caranya simak langkahnya berikut ini :

  1. Pertama aktifkan wifi di hp atau laptop.
  2. Setelah WiFi aktif, lihat hotspot apa saja yang aktif di sekitar.
  3. Yang paling mudah ditemui dan dimana-mana ada yaitu @wifi.id sehingga alamat inilah yang paling sering dibobol oleh para hacker.
  4. Jika memilih @wifi.id, perangkat harus terhubung ke alamat wifi ini terlebih dahulu.
  5. Biasanya setelah melakukan koneksi akan muncul pop-up yang meminta untuk memasukkan username dan password dan bersamaan juga akan muncul halaman mode Modify Network Configuration.
  6. Anda bisa mulai mengutak-atik alamat IP dari @wifi.id. Di halaman ini dengan mengganti IP Address yang biasanya tertulis 192.168.1.1 menjadi IP Address 192.168.1.2.
  7. Jika sudah masuk ke browser dan tuliskan http//: 192.168.1.254 di kolom address pada bagian atas.
  8. Jika keluar halaman login Anda tidak perlu bingung karena ini yang ditunggu-tunggu. Hanya tinggal masukkan username dan password dengan memilih kata ADMIN atau USER.
  9. Perlu diingat bahwa username dan password harus sama, jika memilih username ADMIN maka password juga harus ADMIN.
  10. Setelah itu masuk Pengaturan dan carilah Wifi untuk melihat username dan password.
  11. Username dan password yang aslinya akan muncul untuk masuk ke @wifi.id yang saat itu terkoneksi dengan gadget dan tinggal menggunakannya.

2. Gunakan CMD (Command Prompt) di Desktop atau Laptop

Jika Anda ingin terkoneksi dengan WiFi saat menggunakan desktop atau laptop. Ada cara yang bisa digunakan untuk melihat sandi WiFi yang lebih mudah dibanding dengan menggunakan Hp. Caranya yaitu sebagai berikut :

  1. Aktifkan mode WiFi pada laptop untuk mencari hotspot terdekat.
  2. Setelah itu masuk ke CMD (Command Prompt) dengan cara menekan tombol Windows + R, dan masukkan kata CMD.
  3. Kemudian masukkan huruf kapital atau huruf kecil dan klik OK, nanti akan muncul halaman CMD.
  4. Langsung masukkan perintah dengan mengetikkan ‘netsh wlan show profiles’ lalu tekan enter. Setelah itu akan muncul nama jaringan wifi yang pernah terkoneksi dengan laptop.
  5. Setelah itu kembali masukkan perintah netsh wlan show profiles name (nama jaringan) key=clear .
  6. Akan muncul data dari jaringan tersebut dan juga passwordnya. Password tersebut bisa ditemukan dalam ‘Key Content’.
  7. Setelah menyimpannya tentu saja Anda tinggal mencari koneksi dengan nama yang sama dan masukkan password yang sudah diketahui sebelumnya.

3. Akses Menu Network and Internet

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk melihat sandi WiFi di Laptop yaitu dengan masuk ke menu ‘Network and Internet’ yang bisa ditemukan pada Control Panel. Caranya yaitu sebagai berikut :

  1. Klik Start Menu atau klik kanan pilih wireless connection berbentuk sinyal yang ada di pojok kanan bawah layar dekat dengan status baterai, lalu masuk ke menu Open Network and Sharing Center.
  2. Jika membuka melalui Control Panel, cari menu ‘Network and Internet’. Lalu masuk ke menu ‘Network and Sharing Center’ di mana diketahui jaringan apa saja yang pernah terkoneksi dengan laptop tersebut.
  3. Pada jendela baru Anda bisa melihat menu ‘Manage Wireless Networks’ untuk mengetahui password dari WiFi yang saat itu terhubung ke laptop.
  4. Untuk mengetahui, tinggal klik nama jaringan yang ingin dilihat passwordnya.
  5. Setelah diklik akan muncul tab baru yang isinya status dari koneksi wifi yang sedang digunakan. Klik ‘wireless properties’ dan pilih tab ‘security’ pada sebelah kanan.
  6. Di dalamnya akan muncul detail dari wifi seperti security tipe, encryption type dan juga network security key.
  7. Di sini network security key masih berupa titik-titik yang tidak terbaca dan untuk menampilkan karakter aslinya perlu mencentang ‘show characters’ dan akan tampil password dari WiFi yang sedang digunakan.

Trik di atas sebenarnya digunakan untuk mengetahui password WiFi yang sudah terhubung ke laptop tanpa mengetahui terlebih dahulu sandi dari WiFi tersebut yang digunakan.

Biasanya alasan untuk mencari tahu password dengan cara ini adalah agar bisa menggunakannya lagi untuk menghubungkan perangkat lain yang ingin diaktifkan WiFi-nya, misal HP atau tablet.

Demikian artikel di atas mengenai 3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Terkunci Tanpa Aplikasi. Semoga informasi seputar teknologi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.