Cara Download, Install dan Registrasi Aplikasi Dapodik
Cara Download, Install dan Registrasi Aplikasi Dapodik

Cara Download, Install dan Registrasi Aplikasi Dapodik Terbaru 2022

Cara Download, Install dan Registrasi Aplikasi Dapodik Terbaru 2022 – Pengembang Aplikasi dari Dapodik sekarang sudah berhasil mengeluarkan generasi terbarunya dengan versi Aplikasi Dapodik 2022. Jika kalian masih saja menggunakan Aplikasi Dapodik versi tahun lawas yaitu Dapodik 2021 bisa segera diganti saja.

Artinya kamu harus segera berpindah dari versi lama ke versi yang terbaru, Dapodik 2022 adalah generasi terbaru  dan di dalamnya juga sudah banyak sekali perubahan atau upgrade fitur-fiturnya dengan sangat baik dibanding versi sebelumnya.

Jika kita lihat secara umum ada saja sebagian masyarakat yang masih belum terlalu memahami persis tentang cara mendownload Aplikasi Dapodik 2022 ini.

Karena hal tersebut lah, kami disini berinisiatif untuk membantu kalian semua melalui tutorial mengenai cara download Dapodik 2022. Kami akan berikan cara termudahnnya, berikut ini cara yang cukup jelas dan mudah dimengerti.

Cara Download Aplikasi Dapodik 2022 Apk

Untuk cara mengunduh Aplikasi Dapodik masih sama ketika kamu mendownload pada versi yang sebelumnya, yaitu hanya perlu masuk terlebih dahulu ke halaman resmi milik Kemendikbud.

Apabila kamu masih kebingungan dan kurang mengetahui persis langkah serta cara mendownloadnya, kalian bisa mengikuti semua petunjuk-petunjuk dari kami berikut ini :

  1. Pertama kalian masuk dulu ke web browser dan mengunjungi situs website resminya di https://dapo.kemdikbud.go.id/
  2. Lalu klik menu “Unduh”, setelah itu akan keluar link installer apk Dapodik Versi 2022.
  3. Nah sisi paling bawah terdapat sebuah tulisan tebal yaitu “Link alternatif installer aplikasi dapodik versi 2022” disitu tersedia link untuk mendownload aplikasi dapodik.
  4. Pilih salah satunya saja berupa link dari download apk Dapodik 2022 tadi.

Cara Install Aplikasi Dapodik 2022 di PC atau Laptop

Untuk bisa melakukan installasi dari versi lama ke versi yang terbaru cara melakukannya tidak jauh berbeda, antara Dapodik 2021 dengan yang terbaru yaitu Dapodik 2022.

Akan tetapi kalian harus menghapus dulu Aplikasi Dapodik lama (versi 2021) sebelum memasang yang aplikasi yang terbaru. Mari simak proses di bawah ini :

  1. Pertama Uninstall dahulu di Aplikasi Dapodik 2021, caranya yaitu ke bagian Control Panel -> lalu Klik Uninstall Program.-> pilih aplikasi dapodik -> dan ditekan perlahan tombol Uninstallnya, dengan klik perintah Yes.
  2. Kalih perlu memastikkan juga bahwa didalam komputer tidak ada lagi folder Dapodik, caranya buka File Explorer -> masuk ke folder Program Files dan Program Files (x86).  Jika memang sudah tidak ada lagi foldernya kalian tinggal melakukan restart.
  3. Tetapi ketika akan mulai untuk install aplikasi Dapodik terbaru, matikan dulu antivirus dan koneksi jaringan internet di komputer kalian.
  4. Ekstrak semua filenya dari Aplikasi Dapodik yang barusan sudah selesai di download -> lalu klik bagian kanan pada halaman Aplikasi Dapodik 2022 -> Kemudian pilih Run As Administrator, pilih Yes.
  5. Klik terus tombol “Lanjutkan” sampai beberapa kali prosesnya, sehingga yang terakhir keluar Tombol Pasang.
  6. Jika sudah selesai, tinggal klik saja tombol Selesai. Berikutnya kamu hanya perlu melakukan registrasi pada Aplikasi Dapodik yang baru tersebut.

Cara Registrasi Dapodik 2022 dengan Mudah

Setelah berhasil melakukan installasi pada komputer, pada tahapan selanjutnya adalah melakukan bagian registrasi agar Aplikasi Dapodik bisa langsung digunakan dengan lancar.

Mari kita simak bersama-sama cara melakukan registrasi di Aplikasi Dapodik 2022 :

  1. Pertama masuk dulu ke situs online milik Dapodik-nya -> kemudian klik menu lalu ke Unduhan dan klik lagi Data profil.
  2. Klik juga Unduh profil, dan harus menyesuaikan dengan dimana tempat lokasi sekolahan kalian sendiri seperti provinsi, kecamatan dan juga kabupaten asal sekolah tersebut.
  3. Klik salah satu Link untuk bisa download profil-nya, dan berlanjut dengan memasukkan Username, Password, dengan Kode Registrasinya.
  4. Klik lagi tombol Generate lalu tunggu sebentar, jika sudah sekarang tekan tombol Unduhannya.
  5. Kalian salinkan keseluruhan profil Dapodiknya yang barusan sudah selesai didownload, Kemudian masuk kebagian Data C -> lalu buka saja foldernya profil_dapodik nah disitu kamu harus menempelkannya ke folder ke dalam profil_dapodik.
  6. Kamu matikan dulu koneksi jaringan internetnya, kemudian dibuka lagi Aplikasi Dapodiknya.
  7. Pilih saja memakai registrasi secara offline, kalian masukan juga kode registrasinya yaitu username, dengan password dari akun Dapodik milik kamu, dan klik lagi tombol Registrasi.
  8. Kalian tunggu sampai seluruh proses registrasinya berhasil, jika sudah selesao semua baru kamu bisa Login ke dalam Aplikasi Dapodik yang terbaru tersebut.

Demikian artikel di atas mengenai Cara Download, Install dan Registrasi Aplikasi Dapodik Terbaru 2022. Semoga inforsi seputar teknologi di atas bisa bernfaat bagi pembaca.