Aplikasi Ujian Online Berbasis Android
Aplikasi Ujian Online Berbasis Android

Rekomendasi 5 Aplikasi Ujian Online Berbasis Android Terbaik

Memasuki era digitalisasi, sistem pembelajaran dan ujian online sudah banyak diterapkan. Ditambah lagi, pandemi yang belum juga usai membuat aplikasi ujian online berbasis Android semakin banyak dicari. Ada berbagai rekomendasi yang bisa digunakan baik itu yang berbayar atau gratis.

Demi lancarnya proses ujian daring ini, seorang guru atau dosen tentu harus menguasai aplikasi ujian online yang digunakan. Umumnya aplikasi yang banyak dipakai adalah Google Form. Selain itu, masih banyak aplikasi berbasis Android lain yang berguna untuk ujian online. Berikut rekomendasinya:

1. Testmoz

Agar ujian online bisa lebih fokus, menggunakan aplikasi yang simple dan ramah pengguna menjadi salah satu kuncinya. Untuk itu, Testmoz bisa menjadi pilihan dengan penawaran fitur menarik di dalamnya. Pengguna bisa mendapatkan versi gratis untuk 50 siswa sekaligus.

Testmoz memberikan layanan berupa soal pilihan ganda, soal mencocokkan jawaban, upload gambar hingga penyematan video. Pengguna juga bisa melakukan survei siswa dengan aplikasi ini. Dengan bandwith yang rendah membuat Testmoz semakin nyaman digunakan. Aplikasi ini bisa diakses melalui https://testmoz.com/build bagi yang ingin mencobanya.

2. Google Form

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Google Form menjadi aplikasi yang cukup populer untuk melangsungkan ujian online. Aplikasi ini bisa langsung terkoneksi dengan Google Classroom yang sering digunakan untuk proses pembelajaran. Kedua aplikasi besutan Google ini akan mempermudah proses belajar dan ujian.

Google Form sendiri memiliki banyak fitur dan bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma alias gratis. Pengguna bisa menyesuaikan form-nya untuk membuat soal pilihan ganda, essay yang pendek atau panjang sekalipun. Untuk membuat soal ujian, silakan masuk ke laman situs https://docs.google.com/forms/ setelah login akun Gmail.

3. ProProfs

Ingin memberikan reward bagi siswa yang telah mengerjakan ujian? Gunakan saja ProProfs. Aplikasi ujian online berbasis Android ini akan memberikan sertifikat atau piagam online untuk siswa yang telah menyelesaikan ujiannya. Sertifikat tersebut memuat jumlah skor dari ujian yang telah dilalui.

Untuk versi gratis, ProProfs hanya menyediakan 10 slot yang bisa digunakan 10 siswa. Jika jumlah siswa lebih dari 10, pengguna bisa melakukan upgrade ke versi premium untuk mendapatkan fitur lebih. Akses ProProfs melalui situs resminya yakni https://www.proprofs.com/quiz-school/.

4. Quizizz

Siswa sekolah dasar mungkin lebih cepat bosan saat mengerjakan ujian. Untuk mengatasi hal tersebut, Quizizz bisa memberikan solusi. Pasalnya, aplikasi ujian ini memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan agar lebih menarik dan berwarna. Animasi menarik juga bisa disertakan agar siswa lebih semangat.

Selain berupa tampilan dan gambar, pengguna juga bisa menambahkan background musik yang akan membuat peserta ujian menjadi rileks. Tersedia bank soal dari pengguna lain yang bisa digunakan sesuai materi ujian. Quizizz bisa diakses melalui https://quizizz.com/ bagi yang tertarik menggunakan aplikasi ini.

5. QuizStar

Jangan khawatir dengan QuizStar karena aplikasi ini memberikan layanan gratis untuk membuat soal ujian online. Pengguna akan mendapatkan fitur untuk membuat soal ujian, penilaian secara otomatis dari sistem, mengatur administrasi siswa dan banyak lagi.

QuizStar juga mendukung soal dalam bentuk multimedia agar ujian semakin interaktif dan menyenangkan. Semua fitur tersebut bisa diperoleh secara gratis. Jika tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, silakan kunjungi situs http://quizstar.4teachers.org/ dan segera buat soal ujian untuk para siswa.

Demikian rekomendasi aplikasi ujian online berbasis Android yang bisa dimanfaatkan sebagai media belajar. Dengan beragamnya aplikasi ujian online yang tersedia, para pengajar memiliki banyak pilihan saat tiba saatnya untuk ujian. Penggunaannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan agar siswa lebih semangat menjalani ujian.