PERBEDAAN TOPI PRAMUKA SIAGA PUTRA DAN PUTRI
PERBEDAAN TOPI PRAMUKA SIAGA PUTRA DAN PUTRI

Perbedaan Topi Pramuka Siaga Putra dan Putri

Perbedaan Topi Pramuka Siaga Putra dan Putri – Para anggota gerakan pramuka tentunya memiliki seragam khusus yang identik dengan warna coklat muda dan coklat tua. Dan setiap sekolah yang ada di Indonesia, tentu mewajibkan para siswa dan siswinya untuk memakai seragam saat mereka hendak ke sekolah.

Dalam hal ini seragam pramuka merupakan suatu wujud dari implementasi bhineka tunggal ika, yakni meskipun berasal dari sekolah yang berbeda namun tetap memakai seragam yang sama yaitu seragam pramuka. Selain itu warna coklat yang ada pada seragam pramuka bukan karena hal lain, yaitu karena warna coklat identik dengan seragam para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Terdapat beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang jenis seragam pramuka sekolah dasar atau golongan siaga, sebab ada perbedaan antara seragam pramuka putra dan putri. Untuk mengetahui perbedaaan topi pramuka siaga putra dan putri, kalian bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini.

Topi Pramuka Siaga Putra

Pada topi pramuka siaga putra, didominasi dengan warna coklat tua. Selain itu terdapat bulatan kecil di atas topi tersebut dan menghubungkan 5 potongan kain setelah mempunyai lidah penutup kepala atau topi. Ukuran lebar lidah topi juga tidak boleh asal-asalan, harus berukuran 5 cm dan berwarna coklat tua.

Topi pramuka siaga putra memiliki lambang topi berwarna hijau yang terletak di bagian depan topi, dan lambang topi untuk anggota gerakan pramuka siaga putra berbentuk seperti belah ketupat.

Topi Pramuka Siaga Putri

Pada topi yang digunakan anggota gerakan pramuka putri tidak jauh berbeda dengan topi pramuka yang dipakai oleh putra, yakni sama-sama didominasi dengan warna coklat tua dan dibuat dengan cara mengombinasikan 5 potongan kain dan kemudian dijadikan satu. Ukuran lebar lidah topi juga sama dengan topi yang dipakai oleh pramuka siaga putra, yaitu berukuran 5 cm dan berwarna coklat tua.

Namun yang membedakan antara topi pramuka siaga putri dengan topi pramuka siaga putra yaitu terletak pada lambang topi yang berwarna hijau dan terletak pada bagian depan topi. Jika tadi topi pramuka siaga putra memiliki lambang topi berbentuk seperti belah ketupat, untuk pramuka siaga putri memiliki lambang topi yang berbentuk lingkaran.

Kesimpulan

Itulah perbedaan topi pramuka siaga antara anggota gerakan pramuka putra dan putri. Pada intinya perbedaan yang menonjol dan jelas dari topi pramuka siaga putra dan putri yaitu terletak pada lambang topi berwarna hijau tersebut.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://ayokupas com/1392/perbedaan-topi-pramuka-siaga-putra-dan-putri html