CARA MEMAKAI PERLENGKAPAN PRAMUKA
CARA MEMAKAI PERLENGKAPAN PRAMUKA

Cara Memakai Perlengkapan Pramuka Yang Benar

Cara Memakai Pramuka Yang Benar – Pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler yang umum dan wajib diikuti oleh para siswa dan siswi di sekolah. Pramuka identik dengan seragamnya yang berwarna coklat muda dan coklat tua, dan berlambangkan tunas kelapa. Gerakan pramuka sendiri meliputi pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak, dan pramuka pandega.

Untuk memakai seragam pramuka, tentunya terdapat beberapa perlengkapan yang perlu dipakai juga. Seragam dan perlengkapan pramuka tersebut tentunya juga harus dipakai dengan benar sesuai dengan aturannya. Dalam hal ini masih ada orang-orang terutama para anggota pramuka baru yang belum mengetahui bagaimana cara memakai perlengkapan pramuka yang baik dan benar.

Agar kalian mengerti dan mengerti bagaimana cara memasang perlengkapan pramuka, oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan memberikan tips mengenai cara memasang perlengkapan pramuka yang baik dan benar.

Cara Memakai Pramuka

Topi Pramuka

Pada topi pramuka sendiri berbeda antara putra dan putri, perbedaan topi pramuka tersebut terletak pada lambang topi berwarna hijau di bagian depan. Lambang topi pramuka putra berbentuk seperti belah ketupat, sedangkan untuk lambang topi pramuka putri berbentuk lingkaran.

Lambang WOSM Berwarna Dasar Ungu

Dalam pemakaian lambang WOSM juga berbeda antara putra dan putri. Untuk lambang WOSM yang dipakai oleh putra berbentuk persegi dan dipasang di dada tepatnya di atas papan nama sebelah kanan. Sedangkan untuk lambang WOSM yang dipakai oleh putri berbentuk lingkaran dan dipasang di kerah baju sebelah kanan.

Setengan Leher Atau Hasduk

Untuk pemakaian setengan leher atau hasduk pramuka sama saja antara putra dan putri. Namun yang membedakan antar golongan adalah warna cincin atau kolong hasduk tersebut, berikut penjelasannya:

  • Golongan Siaga memakai cincin berwarna dasar hijau.
  • Golongan Penggalang memakai cincin berwarna dasar merah.
  • Golongan Penegak memakai cincin berwarna dasar kuning.
  • Golongan Pandega memakai cincin berwarna dasar merah tua.

Tanda Lokasi Kwarcab

Pada badge tanda lokasi Kwarcab atau singkatan dari Kwartir Cabang ini memuat nama (Kabupaten/Kota) anggota pramuka tersebut tinggal. Untuk pemasangannya baik putra maupun putri sama-sama dipasang pada bagian lengan baju sebelah kanan paling atas.

Tanda Gugus Depan

Untuk pemasangan tanda gugus depan baik putra maupun putri, dipasang pada lengan baju sebelah kanan tepat di bawah tanda lokasi lokasi Kwarcab. Pada umumnya untuk anggota pramuka putra bernomor gudep ganjil, sedangkan untuk anggota pramuka putri gudep bernomor genap.

Demikian pembahasan kali ini tentang cara memakai perlengkapan pramuka yang baik dan benar. setelah membaca artikel ini, kalian mengerti dan mengerti bagaimana cara memasang perlengkapan pramuka.