Penyebab Baterai HP Cepat Habis Beserta Cara Mengatasinya Cek 1
Penyebab Baterai HP Cepat Habis Beserta Cara Mengatasinya Cek 1

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Beserta Cara Mengatasinya, Cek!

Penyebab baterai HP cepat habis perlu Anda ketahui agar dapat menanganinya secara mudah. Sebagian ponsel menjanjikan kapasitas baterai yang besar serta tahan lama, namun penggunaan ponsel dan pengisian ulang dalam sehari tidak beraturan. Hal ini memungkinkan masalah pada HP termasuk baterainya.

Nyatanya kapasitas baterai pada handphone tidak terlalu berpengaruh terhadap hematnya komponen tersebut. Pada dasarnya baterai yang sering panas dan cepat habis meski penggunaan tidak terlalu sering disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk itu, Anda perlu mengetahuinya sejak dini demi menghindari borosnya baterai handphone.

Inilah Faktor Penyebab Baterai HP Cepat Habis, Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Beserta Cara Mengatasinya Cek
voi.id

Untuk lebih cermat dan jelas dalam mengetahui faktor penyebab baterai yang boros, ini adalah beberapa faktornya.

Adanya Aplikasi Terus Beroperasi

Salah satu penyebab adalah terdapat aplikasi serta layanan latar belakang yang masih aktif atau terus berjalan. Mulai dari Messenger, Instagram juga Facebook. Beberapa aplikasi komunikasi cukup menghabiskan daya besar meski pengguna sedang tidak menggunakannya.

Cara mengatasinya dengan menutup aplikasi atau widget latar belakang. Sehingga baterai HP lebih tahan lama.

Software Belum Update

Pada dasarnya cara agar baterai awet dan tidak lekas habis, Anda perlu memastikan aplikasi atau software HP selalu update. Karena salah satu penyebab baterai HP cepat habis adalah software belum update.

👉 TRENDING :  Download Games Dingdong Android Di Playstore

Sistem operasi maupun prosesor HP masih menggunakan sistem yang lama. Itulah kenapa sistem belum mengenali beberapa bug aplikasi terbaru.

Suatu pembaharuan software sekaligus dengan peningkatan masa pakai baterai. Sedangkan beberapa bugs yang tidak berguna secara otomatis terhapus. Performa baterai akan semakin optimal.

Penggunaan Wifi, GPS, dan Bluetooth Berlebihan

Banyak yang belum disadari oleh para pengguna smartphone bahwa mereka menggunakan fitur GPS demi mengakses GoFood, Google Maps, juga grab.

Tahukah Anda jika penggunaan fitur tersebut dapat menguras daya baterai. Jika kiranya Anda telah selesai menggunakannya sebaiknya cepat matikan GPS, wifi maupun Bluetooth.

Charger Bermasalah

Salah satu penyebab baterai HP cepat habis atau boros daya adalah charger yang bermasalah atau rusak. Ketika pengguna melakukan pengisian daya, bukannya bertambah malah semakin berkurang. Tentunya membuat Anda jengkel bukan?.

Hal ini terjadi karena penggunaan charger yang sudah usang. Akibatnya justru merusak kualitas baterai. Cara mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Pilih charger yang original sehingga lebih aman dan cocok dengan seri atau tipe ponsel Anda.

Cahaya Layar Berlebihan

Selanjutnya adalah penggunaan layar yang berlebihan. Layar merupakan aspek utama perangkat yang menyajikan visual serta membantu pengguna dalam berinteraksi. Tak heran jika penggunaan cahaya layar dapat menguras daya baterai lebih besar.

👉 TRENDING :  Cara Merawat Baterai HP Agar Tidak Boros, Wajib Anda Coba!

Cara mengatasinya adalah dengan menurunkan tingkat pencahayaan layar. Manfaatkan mode auto Brightness sehingga layar mampu mendeteksi lingkungan sekitar maupun menyesuaikan dengan lingkungan.

Aktifkan juga mode gelap untuk lebih mendominasi warna hitam. Untuk menurunkan refresh rate pada pengaturan terendah juga cukup ampuh bagi Anda yang ingin baterai menjadi lebih awet.

Terutama pada waktu screen timeout yang cukup lama menjadi penyebab baterai HP cepat habis. Atur waktu seminimal mungkin sehingga layar tidak menyala dalam waktu lama. Menggunakan mode malam juga mampu menjaga kesehatan mata dan kualitas daya tahan baterai. Gunakan cahaya HP secukupnya sehingga tidak melebihi batas.

Adanya Google Play Services

Selain itu adanya Google Play Services mampu membuat boros baterai. Namun sayangnya Anda tidak dapat menghapusnya dari smartphone. Keberadaan Google Play services sangat penting untuk perangkat.

Cara mengatasinya hanya dengan mengakses menu Setting kemudian Application, pilih All dan klik Google Play Services. Tekan Clear Cache kemudian dapat memperbarui aplikasi.

Berada di Daerah Susah Sinyal

Ketika Anda berada ditempat yang susah sinyal maka HP Anda cenderung kehabisan baterai.Sinyal yang buruk dan koneksi internet yang buruk membuat HP Anda melepas daya lebih cepat.

Cara mengatasinya adalah memilih operator seluler yang memiliki sinyal paling kuat. Bahkan Anda dapat mengaktifkan mode pesawat hingga penguat sinyal. Penyebab baterai HP cepat habis tersebut perlu Anda waspadai.