Beberapa Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru dengan Mudah 1
Beberapa Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru dengan Mudah 1

Beberapa Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru dengan Mudah

Cara upgrade Android menjadi salah satu keunggulan yang dipunyai dari sistem operasi dengan logo robot berwarna hijau. Pasalnya Android setiap tahunnya merilis versi sistem operasinya.

Sekarang ini, terdapat versi terbaru yang baru saja dirilis yaitu Android 8.0 Oreo. Sebelumnya juga telah terdapat beberapa versi rilisan dari Android, antara lain seperti Android 7.0-7.1 Nougat, Android 6.0 Marshmallow, Android Lollipop, Kitkat untuk Android 4.4, Jelly Bean untuk Android 4.1-4.3, Ice Cream Sandwich untuk Android 4.0-4.0.4, Android 3.0-3.2 HoneyComb, Gingerbread untuk Android 2.3-2.3.7, Android 2.2 Froyo.

Kemudian bagaimana cara melakukan pengupgradean Android ? Agar lebih jelasnya, Anda bisa simak langkah-langkah berikut ini.

Beberapa Cara Upgrade Android

Berikut ini beberapa cara upgrade Android yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sistem operasi dalam versi terbaru.

Melalui OTA (Over The Air)

Pertama, sebelum melakukan proses upgrade sistem operasi Android ke mode terbaru, terlebih dahulu Anda bisa menyambungkan ponsel ke jaringan internet WiFi. Hal tersebut bisa membantu proses upgrade dalam melakukan pengunduhan file sistem operasi yang bisa dikatakan cukup besar.

Selanjutnya cara upgrade Android, Anda bisa masuk ke dalam menu pengaturan, pada biasanya mempunyai logo roda yang bergerigi.

Lakukan scroll sampai pada posisi yang paling bawah, kemudian klik pada menu About phone atau Tentang Perangkat. Menu ini biasanya terletak pada bagian bawah pada versi perangkat.

Klik Menu Update. Nantinya Anda akan menemukan sebuah tulisan Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update atau System Firmware Update.

Klik lagi pada menu Check for Updates atau Periksa Pembaruan. Pastinya Android Anda akan mencari pembaruan sistem yang tersedia secara otomatis.

Apabila terdapat pembaharuan sistem, maka akan menampilkan sebuah menu. Anda bisa melakukan klik install serta proses upgrade bisa segera dilakukan.

Anda bisa menunggunya sampai dengan proses upgrade selesai. Secara otomatis Android akan melakukan reboot serta melakukan penerapan sistem operasi Android ke versi terbaru.

Melalui Perangkat Komputer atau Laptop

Selanjutnya, Anda bisa melakukan cara upgrade Android melalui komputer ataupun laptop. Berikut ini langkah yang bisa Anda praktekkan.

Pertama Anda harus membuka website resmi yang berasal dari produsen Android yang Anda gunakan. Kemudian lanjutkan dengan mencari menu utama atau beranda pada website tersebut. Selanjutnya dapat mengisi informasi tentang perangkat Android yang Anda gunakan agar mendapat Android versi terbaru.

Langkah kedua Anda harus mendownload file yang telah terupgrade dari website tersebut.

Ketiga setelah anda mendownload software tersebut yang perlu anda perhatikan adalah tidak semua produsen smartphone menamai device management, seperti hal nya samsung memberi nama Kies sedangkan motorola memberi nama MDM. Akan tetapi meskipun beda dalam penamaan, tugas dan fungsi nya tetap sama untuk upgrade perangkat Android anda ke versi yang lebih anyar.

Selanjutnya Anda dapat menghubungkan perangkat Android atau laptop menggunakan kabel USB.

Kemudian bisa lanjutkan dengan membuka software yang telah Anda install sebelumnya.

Anda bisa melakukan pencarian perintah untuk upgrade atau update. Menu tersebut biasanya terdapat pada menu bagian atas dropdown.

Klik menu update atau upgrade. Prosen upgrade bisa dimulai. Anda bisa mengikuti petunjuk yang tertera pada layar sampai dengan proses upgrade sistem operasi Android selesai.

Melalui Rooting ROM

Penting untuk Anda ketahui, sebelum melakukan cara upgrade Android dengan langkah ini, terlebih dahulu data yang berada di perangkat Android terbackup. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bisa melakukan pencarian juga install aplikasi root untuk komputer yang nantinya akan Anda gunakan. Terlebih dahulu Anda pastikan memakai aplikasi root yang sesuai dengan Android Anda.

Apabila sudah terinstall, Anda bisa menyambungkan perangkat Android terhadap komputer dengan memanfaatkan kabel USB.

Buka software rooting, serta lakukan proses root dengan menggunakan komputer.

Setelah Anda sudah bisa untuk memulai proses root. Patikan selalu mengikuti petunjuk yang telah tertera pada layar.

Ketika proses sudah selesai, Anda bisa melakukan reboot pada perangkat Android.

Itulah beberapa cara upgrade Android yang bisa Anda lakukan supaya memperoleh sistem operasi Android versi terbaru. Apabila mengalami kesulitan dalam proses update atau upgrade Android, Anda bisa menghubungi pihak yang ahli dalam bidangnya.