Cara Menghilangkan Malware di HP Android dengan Mudah
Cara Menghilangkan Malware di HP Android dengan Mudah

Cara Menghilangkan Malware di HP Android dengan Mudah

Malicious Software atau yang biasa disebut malware, mungkin seringkali Anda temukan pada smartphone Android. Nah, karena hal ini sangat bahaya jika HP Anda terkena virus jahat ini, maka Anda harus tahu cara menghilangkan malware di HP Android. Terkadang, mungkin kita tidak menyadari jika ponsel Android tersebut sudah disusupi malware melalui aplikasi yang telah kita unduh. Aplikasi yang terkena virus ini berbahaya, serta berujung kerugian untuk para pengguna smartphone.

Cara Menghilangkan Malware di HP Android dengan Mudah

44.Cara Menghilangkan Malware di HP Android dengan Mudah.pexels.com
pexels.com

Beberapa masalah yang memang sering muncul akibat malware ini misalnya aplikasi  menjadi boros baterai, hingga yang paling parah ialah dapat mencuri data pribadi dari si pengguna smartphone. Ada beberapa cara mendeteksi malware serta melakukan pencegahan supaya malware tidak mudah masuk ke ponsel. Berikut ini cara menghilangkan malware di HP Android.

Ciri-ciri HP Android Terkena Malware

  1. Baterai cepat boros
  2. Banyak muncul iklan- iklan pop-up
  3. Menyedot pulsa ataupun kuota yang cepat habis
  4. HP menjadi lemot
  5. Ponsel menjadi cepat panas
  6. Waktu booting yang lebih lama
  7. Menerima SMS aneh serta sinyal sering putus

Cara Menghilangkan Malware di HP Android

Setelah mengetahui ciri- ciri ponsel yang terjangkit malware, sekarang Anda harus mengetahui cara  menghilangkan malware di HP Android. Ada beberapa cara untuk menghapusnya yang bisa Anda lakukan supaya ponsel Anda bersih dari malware atau virus jahat. Berikut ini cara menghilangkan malware.

Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan

Jika Anda telah menemukan aplikasi yang terkena malware, langkah yang dapat Anda ambil ialah melakukan pembersihan virus. Cara menghilangkan malware di HP Android ini ialah dengan masuk ke bagian menu  klik Setting, lalu pilih Applications, kemudian pilihlah aplikasi yang ingin Anda lepas pemasangannya.

Hapus Administrator Rights

Bilamana aplikasi tidak sukses dicopot atau uninstall, cara menanggulangi malware di HP berikutnya adalah mengecek Administrator Perangkat. Hal ini lantaran, kemungkinan aplikasi tersebut mempunyai administrator rights. Anda bisa menghapus izin aplikasi tersebut dan melakukan pencopotan pemasangan secara normal.

Cara Menghilangkan Malware di HP

Masuk ke menu Setting, pilih Security lalu lihat pada bagian Device Administrator. Anda dapat melihat menu dari Android Device Manager pada daftar tersebut lalu hapus izin aplikasi yang memang untuk sulit di-uninstall.

Jika sudah selesai, restartlah HP Android Anda guna mengecek apakah malware tersebut sudah hilang dari smartphone Anda. Setelah merestart dan smartphone Anda menyala, Anda dapat melihat apakah kinerja HP sudah normal seperti semula.

Install Aplikasi Antivirus

Jika cara menghilangkan malware di HP Android tersebut tidak berhasil, maka cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pemasangan aplikasi anti virus pada ponsel Anda. Selain untuk mendeteksi, anti virus akan mengingatkan Anda apakah ada virus ataupun malware yang mungkin masuk ke ponsel.

Saat ini telah banyak tersedia antivirus yang dapat Anda beli sesuai kebutuhan juga budget yang telah Anda siapkan. Beberapa diantaranya yang populer misalnya AVG, Kaspersky antivirus, Avast, ESET, dan lainnya. Anda dapat mencari dan mengunduhnya pada Google Play Store.

Cara Menghapus Malware Tanpa Aplikasi

Jika Anda telah merasa bahwa ponsel Anda bekerja secara tidak normal seperti biasanya, atau ada ciri-ciri seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi ponsel Anda karena kemungkinan smartphone Anda sudah terinfeksi malware.

Berikut cara menghilangkan malware di HP Android tanpa menggunakan aplikasi yang dapat Anda lakukan.

Hapus Lewat Draw Over Other Apps

Cara menghapus malware di Android yang dapat Anda lakukan ialah mencari aplikasi yang mencurigakan pada pengaturan ponsel. Caranya, masuk ke menu Setting, lalu pilih lah Draw over other apps pada Tab Aplikasi. Setelah itu, Anda dapat melihat seluruh aplikasi smartphone yang mencoba mengambil data dari aplikasi yang lain, dan Anda selanjutnya bisa menghapus guna melindungi ponsel Anda dari virus atau malware.

Cara Mencegah Serangan Malware di HP

Salah satu cara yang paling mudah guna memperkecil kemungkinan untuk malware ke HP adalah tidak mengunduh aplikasi dari luar situs yang resmi, misalnya Google Play Store. Hal yang juga tidak boleh ketinggalan ialah selalu cek ketersediaan dari pembaharuan aplikasi Anda. Dengan melakukan suatu pembaharuan, maka ini akan memperkecil kemungkinan aplikasi Anda ditembus oleh malware.

Nah, itulah tips atau cara menghilangkan malware di HP Android yang mungkin tidak bisa dihapus. Anda dapat mencobanya, dan selalu waspada pada kemungkinan serangan virus atau malware di HP Anda. Selamat mencoba.