Cara agar Penyimpanan Tidak Penuh yang Mudah Diterapkan 1
Cara agar Penyimpanan Tidak Penuh yang Mudah Diterapkan 1

Cara agar Penyimpanan Tidak Penuh yang Mudah Diterapkan

Cara agar penyimpanan tidak penuh bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Dengan menggunakan beberapa cara, Android akan kembali berfungsi dengan baik.

Beberapa aplikasi tambahan yang diinstal otomatis akan membuat ruang penyimpanan penuh. Hal ini akan membuat  Anda jengkel bukan? Semua pekerjaan terkendala dan tidak bisa selesai tepat waktu karena kinerja android menjadi lemot.

Cara agar Penyimpanan Tidak Penuh yang Mudah Diterapkan
kepoindonesia.id

Ini Dia 9 Cara agar Penyimpanan Tidak Penuh

Semua aplikasi yang Anda butuhkan memang harus terpasang pada Android sehingga membuat memori internal cepat penuh. Sebenarnya hal ini mudah diatasi. Anda perlu mengetahui cara mengatasinya dengan tepat. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan dengan mudah sebagai langkah mengatasinya.

Hindari Menginstal Aplikasi Berat

Berbagai games dan aplikasi  memang disediakan oleh Google Play Store. Hal ini memang akan membantu Anda sehingga lebih cepat membuat memori penyimpanan ponsel cepat penuh.

Terkadang sebagai pemilik ponsel, kita juga tidak memiliki kepekaan sehingga asal saja menginstal aplikasi-aplikasi yang menghabiskan banyak memori penyimpanan. Sebaiknya, jangan menginstal aplikasi berat karena memiliki grafis tinggi untuk menyimpan gambar dan ukurannya.

Hapus Video

Video yang direkam dengan kualitas tinggi biasanya memiliki resolusi yang cukup besar. Apalagi jika android milik Anda dibekali support kamera dengan resolusi HD atau Full HD, otomatis satu file video dengan durasi panjang bisa mencapai ukuran MB atau bahkan GB.

Sebaiknya lakukan pengecekan untuk mengetahuinya. Langkahnya adalah buka File Manager APK kemudian masuk ke ruang penyimpanan internal. Setelah itu carilah DCIM kemudian klik Kamera. Pada laman ini Anda bisa mengubah setting berdasarkan ukuran video.

Setelah urut, hapuslah video berukuran besar yang sudah tidak perlu lagi disimpan. Jika masih tetap ingin disimpan, langkah terbaiknya adalah memindahkan video tersebut ke komputer atau media lainnya.

Hapus Aplikasi Bawaan atau Bloatware

Aplikasi tersebut sudah terpasang otomatis pada Android sejak pertama kali Anda membelinya. Hanya saja, meski merupakan aplikasi bawaan, terkadang tidak memiliki fungsi yang penting.

Oleh karena itu, cara agar penyimpanan tidak penuh yang selanjutnya adalah menghapusnya saja. Terkadang aplikasi bloatware memang tidak bisa dihapus, namun Anda bisa menonaktifkannya. Adapun caranya adalah buka bagian pengaturan kemudian klik bagian aplikasi. Selanjutnya pilih “Semua” lanjutkan dengan memilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan, kemudian klik “nonaktifkan”.

Matikan Auto-Download dari Aplikasi Messenger

Mematikan auto download dari aplikasi Messenger (seperti WA atau aplikasi sejenis lainnya) juga merupakan salah satu cara agar penyimpanan Android tidak penuh. Setelah berhasil menonaktifkan fitur auto download, maka semua video atau foto otomatis tidak akan tersimpan lagi ke memori internal.

Backup Chat dan Media ke Google Drive

Selain membantu Anda untuk mengatasi ruang penyimpanan cepat penuh, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menyimpan chat-chat penting yang sekiranya masih dibutuhkan suatu saat nanti. Semua chat penting tersebut akan disimpan ke Google Drive.

Gunakan SD Card

Memori eksternal memang tidak bisa diandalkan untuk menyimpan aplikasi namun bisa Anda gunakan untuk menyimpan video, foto, musik, dan sejenisnya. Cara ini bukan hanya sebagai upaya penyimpanan agar tidak cepat penuh, namun juga menambah kapasitas media Android semakin banyak.

Manfaatkan Fitur Streaming

Ini berlaku bagi Anda yang hobi nonton TV. Fitur streaming terbukti sebagai cara efektif agar penyimpanan tidak penuh. Layanan streaming dan aplikasi legal nonton TV berbasis internet sudah banyak tersedia.

Manfaatkan saja layanan tersebut daripada mengunduh film. Hal ini dapat menghemat memori android.

Instal Aplikasi Cleaner dan Antivirus

Selain cara ampuh agar ruang penyimpanan tidak penuh, kedua aplikasi tersebut juga bisa diandalkan untuk menjaga dan membersihkan Android dari bahaya virus atau malware. Aplikasi cleaner berfungsi menghilangkan sampah atau file yang dirasa tidak penting. Sedangkan anti virus sebagai upaya mencegah file-file dan virus masuk ke sistem Android.

Gunakan Cloud Storage

Cloud storage merupakan media penyimpanan file digital atau online, saat menggunakannya untuk mengakses data Anda memerlukan koneksi internet. Meski penggunaannya menguras kuota internet, namun terbukti dapat diandalkan untuk mengurangi beban smartphone.

Bila semua cara agar penyimpanan tidak penuh sudah dilakukan namun memori tetap penuh, sebaiknya Anda segera mengganti ponsel yang memiliki penyimpanan dan RAM lebih tinggi. Faktanya, saat ini semua hal memang membutuhkan kehadiran Android. Pilih Android sesuai kebutuhan.