Penyebab HP Panas yang Perlu Pengguna Ketahui Apa Saja 1
Penyebab HP Panas yang Perlu Pengguna Ketahui Apa Saja 1

Penyebab HP Panas yang Perlu Pengguna Ketahui, Apa Saja?

Keberadaan ponsel sekarang ini membuat para pengguna setiap saat ingin memegang dan menggunakannya. Maka tak heran jika, ponsel akan mengalami kerusakan dan performa menurun. Salah satunya panas, namun apakah Anda sudah tahu Apakah penyebab HP panas? Jika belum simak artikel kali ini akan mengulas secara detail.

Inilah Penyebab HP Panas Perlu Anda Ketahui

Penyebab HP Panas Yang Perlu Pengguna Ketahui Apa Saja
pixabay.com

Penyebab HP panas memang menjadi kesalahan para penggunanya sendiri. Ponsel panas akan mengakibatkan rusak dan tentunya bisa saja mati. Penyebab ponsel bisa bermacam-macam alasan. Penggunaan yang berlebihan, baterai, atau kondisi software pada ponsel menjadi penyebab paling dasar.

Sebagai pengguna, seharusnya bisa menggunakan teknologi dengan baik sekaligus bijak. Jangan terlalu berlebihan hingga memaksakan pemakaian ponsel, karena hal tersebut malah bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda sendiri dan tentunya juga pada ponsel.

Maka dari itu, sebaiknya istirahatkan ponsel beberapa menit atau berapa jam. Agar tidak panas maksimal. Selain hal tersebut, ada beberapa alasan lainnya.

Pengaturan yang Tidak Optimal

Hal pertama kenapa ponsel panas adalah pengaturan tidak stabil atau optimal. Tingkat kecerahan layar dan pemakaian wallpaper bergerak atau animasi juga dapat mempengaruhi daya baterai HP. Usahakan untuk mengurangi tingkat kecerahan layar pada ponsel, atur lagi pengaturan opsional untuk meringankan beban pada CPU.

Berada di Lingkungan Panas

Faktor lingkungan juga akan membuat ponsel cepat panas. Apalagi jika ponsel diletakkan ke tempat secara langsung terkena paparan sinar matahari. Jenis overheating bisa menjadi masalah serius. Panas seperti ini akan bisa membuat komponen internal mempengaruhi masa pakai baterai, memperlambat performa, dan menurunkan layar ponsel.

Sinar matahari akan membuat ponsel lebih panas dan mengakibatkan performa ponsel tidak cepat sehingga akan lemot.

Banyak Aplikasi Terbuka

Paling umum dan biasa adalah banyaknya aplikasi terbuka, seringkali pengguna membuka Aplikasi dengan jumlah banyak secara bersamaan dan tidak benar menutupnya. Hal ini akan membuat pemakaian baterai terus berjalan dan sehingga menjadikan panas serta lemot

Pembaruan Software

Urutan ketiga adanya pembaruan software yang baru terupdate. Selain aplikasi, software ponsel juga membutuhkan updating. Ponsel akan terlalu panas selama setelah pembaruan. Hal ini bisa terjadi karena terdapat BUG perlu diperbaiki melalui pembaruan, dimana membutuhkan peningkat daya pada saat itu.

Mungkin kebanyakan orang mengabaikan pembaruan software, padahal hal ini sangat penting dilakukan agar sistem ponsel makin meningkat.

WiFi Terus Menyala

Fitur WiFi terus menyala akan menguras baterai dan membuatnya terasa panas. Jika ponsel terus mencari sinyal WiFi ketika tidak dibutuhkan bahkan ketika tak ada sambungan WiFi bisa mudah membakar banyak daya.

Bermain Game Waktu Lama

HP panas memang sudah hal wajar, tapi jika itu panas secara maksimal akan membuat performa dan internal ponsel akan mengalami kerusakan. Biasanya hal ini karena digunakan bermain game atau hal lainnya dengan waktu lama.

Aplikasi game mempunyai intensitas tinggi dan inti pemrosesan pusat pada ponsel Anda. Selain itu, bisa membuat ponsel menjadi kurang performa. Selain bermain game, ponsel panas juga adanya sebab memutar musik terlalu lama.

Konten Streaming

Penggunaan HP untuk menonton konten streaming berjam-jam akan menyebabkan ponsel panas dan rusak. Video atau konten-konten streaming yang Anda tonton bisa menjadikan ponsel harus memutar data video dan tampilan tetap aktif dalam kurun waktu yang lama. Hal inilah menjadi faktor kenapa HP menjadi panas.

Aplikasi Butuh Pembaruan

Penyebab HP panas selanjutnya adalah adanya Aplikasi updating atau pembaruan. Aplikasi jika tidak di-update maka akan membeli bug pada ponsel. Selain menjengkelkan, kondisi ini juga akan membuat HP panas, Bug pada Aplikasi bisa membuat ponsel menjadi panas sebab terlalu banyak menggunakan prosesor.

Beberapa penyebab HP panas di atas bisa Anda jadikan pelajaran agar tidak mengulanginya lagi, selain penyebab dan masalah hal tersebut panas ponsel juga disebabkan karena mengisi daya sambil dimainkan. Jadi gunakan ponsel sewajarnya saja jangan sampai berjam-jam jika tidak untuk pekerjaan penting. Jangan lupa juga untuk membersihkan virus pada ponsel secara rutin agar ponsel tidak lemot. Kenapa begitu, karena virus ponsel akan menyebabkan panas berlebihan pada ponsel.