Cara Mengatasi HP Bootloop Cepat dan Mudah Dilakukan 1
Cara Mengatasi HP Bootloop Cepat dan Mudah Dilakukan 1

Cara Mengatasi HP Bootloop, Cepat dan Mudah Dilakukan

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada smartphone adalah bootloop. Kita pasti penasaran bagaimana cara mengatasi HP bootloop. Bootloop sendiri merupakan proses rebooting (ponsel tiba-tiba mati kemudian menyala kembali dan terjadi secara terus menerus). Kondisi seperti ini membuat smartphone tak dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa penyebab bootloop yaitu gangguan file sistem yang membuat HP berjalan tidak stabil, kerusakan aplikasi, terkena virus, dan malware. Bootloop juga bisa terjadi karena masalah pada instalasi, pemakaian ROM yang tidak tepat, dan sebagainya.

Bootloop ditandai dengan logo ponsel yang muncul pada tampilan layar smartphone Anda. Smartphone kemudian melakukan booting secara berulang-ulang.

Begini Cara Mengatasi HP Bootloop

Ada 2 jenis bootloop yang dapat dialami HP Android Anda. Jenis yang pertama yaitu light bootloop. Light bootloop adalah kondisi dimana HP Android mengalami bootloop tiba-tiba dan tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Jenis yang kedua yaitu hard bootloop. Hard bootloop adalah kondisi dimana HP sudah tidak bisa dioperasikan dan proses booting terjadi terus menerus. Untuk mengatasi bootloop Anda dapat melakukan beberapa hal berikut, simak ulasannya:

1. Mematikan HP dan Melepaskan Baterai

Ketika HP Anda mengalami bootloop, cobalah untuk mematikan ponsel Anda kemudian lepaskan baterainya. Biarkan ponsel dalam keadaan ini selama beberapa saat. Setelah itu pasang baterai kembali kemudian nyalakan HP untuk memastikan kondisi HP Anda.

Apabila HP Anda memiliki baterai model tanam yang tidak bisa dilepas, biarkanlah HP Anda dalam keadaan mati kurang lebih 5 menit. Tekan tombol daya HP Anda beberapa saat untuk membuat HP menjadi mati.

2. Mencabut Kartu SIM dan MicroSD

Cara mengatasi HP bootloop selanjutnya yaitu dengan mencabut kartu SIM dan microSD HP Anda. Didiamkan HP Anda selama kurang lebih 30 menit hingga sehari penuh agar proses restart HP Anda bekerja secara lebih maksimal.

3. Menghapus Cache Partition

Menghapus cache partition adalah salah satu cara mengatasi HP bootloop tanpa perlu kehilangan data yang tersimpan dalam smartphone Anda. Anda hanya perlu masuk ke menu HP Recovery Mode dan pilih Wipe Cache Partition kemudian klik Yes. Cara masuk ke menu ini berbeda-beda setiap smartphone.

Untuk menuju menu Recovery mode pada smartphone, umumnya kita cukup menekan tombol home, power, serta volume up secara bersamaan. Di beberapa smartphone kita cukup menekan tombol power dan volume up secara bersamaan.

4. Factory Reset

Untuk mengatasi bootloop, Anda juga dapat memilih menu Factory Reset. Untuk dapat melakukan Factory Reset, Anda dapat masuk ke menu Recovery Mode kemudian pilihlah opsi Wipe data atau Factory Reset lalu klik tombol Yes. Selanjutnya pilihlah Delete All User data dan tekan tombol power. Apabila Anda sudah melakukan langkah ini, smartphone akan ter-restart secara otomatis.

Jika HP Anda tidak bisa restart secara otomatis, Anda dapat mengarahkan kursor ke opsi Reboot System Now kemudian tekan tombol power. Tunggu hingga HP menyala kembali seperti semula.

5. Mengunjungi Service Center Resmi

Apabila beberapa cara mengatasi HP bootloop di atas sudah dilakukan namun HP belum kembali seperti semula, sebaiknya Anda mengunjungi service center resmi. Konsultasikan kendala smartphone Anda dan periksakan kondisi HP Anda.

Faktor Penyebab Bootloop

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab bootloop. Tetapi pada dasarnya bootloop terjadi karena penggunaan serta perawatan HP yang kurang baik dan benar. Salah satu penyebab bootloop yaitu karena flashing custom ROM yang baru. Biasanya ada dalvik cache yang belum terhapus dan digunakan sistem yang baru. Paket custom ROM yang rusak dapat menyebabkan bootloop.

Menginstal aplikasi MOD juga dapat menyebabkan bootloop. HP bisa mengalami bootloop apabila MOD yang dipasang tidak kompatibel dan tidak sesuai ROM ponsel. Penyebab bootloop selanjutnya yaitu Restore System Backup atau pemulihan sistem backup.

Penyebab bootloop yang terakhir yaitu kesalahan dalam pengaturan permission. Sistem operasional Android bergantung pada permission sistem. Apabila Anda salah dalam mengatur permission sebuah file sistem, maka ponsel dapat mengalami bootloop.

Demikian beberapa rekomendasi cara mengatasi HP bootloop dan penyebabnya. Dengan mengetahui beberapa penyebab bootloop, Anda dapat berhati-hati dalam menggunakan smartphone Anda.