Intip Layar Performa Kamera dan Baterai HP Vivo Y93
Intip Layar Performa Kamera dan Baterai HP Vivo Y93

Intip Layar, Performa, Kamera dan Baterai HP Vivo Y93

HP Vivo Y93 yang diluncurkan pada awal tahun 2019 lalu ini disebut-sebut sebagai ponsel yang berkualitas untuk segmen pasar menengah ke bawah. Hal ini mengingat harganya yang dibanderol senilai Rp 1.900.000,00 saja.

Dengan harga yang cukup terjangkau ini, penggunanya akan mendapatkan berbagai fitur yang canggih. Selain itu, Vivo juga melengkapi Y93 ini dengan fitur dual cam untuk kebutuhan entertainment dan gambar yang mumpuni bagi para pengguna ponsel ini.

Layar, Performa, Kamera, dan Kapasitas Baterai HP Vivo Y93

HP Vivo Y93
unsplash.com

HP Vivo Y93 hadir dengan desain kekinian yang menawan, bahan polikarbonatnya menghasilkan bodi ponsel dengan finishing gradasi warna yang cantik. Warna blue ocean yang serupa laut biru dan warna starry black yang serupa malam berbintang menjadi pilihan yang patut dipilih.

Ponsel ini juga nyaman digenggam berkat adanya desain dengan konsep 3D pada cover bagian  belakang sampai bezel. Pada bagian depan juga terdapat desain poni yang menjadi tempat bagi kamera depan. Sementara pada bagian belakang terdapat dua kamera dan juga lampu flash. Terdapat juga sensor sidik jari yang berada di bagian sisi tengah atas.

Ponsel ini meletakkan tombol power dan volume pada sisi kanan. Sedangkan slot untuk kartu SIM dan microSD ada di sebelah kiri. Slot tersebut dapat diisi dua SIMCard dan microSD sekaligus. Sementara itu di bagian bawah ponsel cukup ramai, dimana terdapat speaker, port microUSB dan juga jack audio 3,5mm. Sedangkan bagian atas tampak kosong tanpa ada aksesoris.

Tampilan Layar

Dengan adanya poni berbentuk water drop, maka tampilan layar HP Vivo Y93 ini menjadi semakin luas. Ditambah dengan penggunaan rasio 19:9 pada perangkat dengan komposisi 88% layar dari semua bagian depan ponsel. Maka tampilan layar berukuran 6,22 inch ini tampak begitu lapang. Luas layar juga dapat diatur menjadi penuh atau sekedar sampai batas poni.

Lapangnya layar akan semakin menyenangkan dengan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen yang mampu menghasilkan gambar resolusi HD+ dengan kepadatan 271 ppi density. Selain itu terdapat pula fitur Eye Protection untuk membuat mata lebih nyaman saat menggunakannya.

Performa Vivo Y93

Seri ini menggunakan chipset MediaTek Helio P22 yang mengusung fabrikasi 12 nm dan disongkong oleh prosesor  octa-core 2.0 GHz cortex-A53 dan juga GPU PowerVR GE8320. Sementara itu RAM yang ditanamkan sebesar 3 GB dan memori internal 32 GB.

HP Vivo Y93  ini juga memiliki kecerdasan buatan yaitu Game Mode yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur notifikasi yang muncul saat bermain game. Selain itu juga terdapat Game Assistant yang akan memudahkan dalam melakukan pengaturan.  Ada lagi fitur Auto Gaming yang akan membuat game tetap aktif meskipun posisi layar sedang berada di mode terkunci.

Vivo Y93 ini juga masih menggunakan  User Interface FunTouch OS 4 berbasis Android 8.1 Oreo, dengan menambahkan berbagai fitur. Misalnya adalah asisten virtual andalan ivo Jovi Smart Scene serta Smart Launcher. Smart Launcher berisi beragam shortcut seperti Speed Up, Recorder dan lain sebagainya.

Keyboard yang disediakan pada HP ini berupa Kika Keyboard. Soal keamanan data, terdapat pengamanan standar seperti password dan pola juga tersedia fitur Face Unlock dan Fingerprint.

Memiliki Dual Kamera dan Efek Bokeh

Pada bagian depan HP Vivo Y93 ini terdapat kamera 8 MP dengan bukaan f/2.0. Fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) juga disematkan untuk membuat hasil foto menjadi lebih memukau. Sementara pada bagian belakang terdapat 2 kamera yang masing-masing adalah kamera 13 MP dan kamera 2 MP.

Kedua kamera ini juga telah dilengkapi dengan lampu flash LED untuk menambah pencahayaan. Selain itu terdapat juga efek bokeh yang dapat diatur sesuai dengan keinginan. Untuk mengaturnya pengguna dapat membuka fitur mode potrait dan memilih besar bukaan lensa yang diinginkan, mulai dari f/8.0 hingga f/0.95.

Kapasitas Baterai

Baterai yang digunakan pada HP Vivo Y93 kapasitasnya mencapai 4030 mAh yang dapat digunakan untuk beraktivitas selama sehari penuh. Sayangnya daya baterai sebesar ini tidak dilengkapi dengan pengisian daya cepat sehingga membutuhkan waktu sekitar 2 jam agar baterai terisi penuh.