web hosting
web hosting

Pengertian Web Hosting, Jenis, dan Fungsinya

Anda tentu sering mendengar istilah web hosting. Saat akan membuat website biasanya Anda harus beli domain lengkap dengan hosting. Apa sebenarnya pengertian hosting tersebut dan fungsinya untuk apa?

Apa itu Web Hosting?

pengertian Web Hosting

Web hosting adalah tempat untuk penyimpanan semua bentuk file dan data dari sebuah website. Penyimpanan inilah yang membuat pengguna website bisa mengakses data di website Anda.

File dalam bentuk email, script, gambar, video, database dan lainnya penyimpanannya di dalam hosting tersebut.

Tanpa hosting maka Anda tak akan bisa membuat website. Analoginya seperti Anda akan membangun rumah yang bagus dan luas, maka tanahnya pun harus semakin luas juga.

Jadi jika ingin website-nya memiliki performa yang bagus, maka hosting pun harus yang memiliki sumber daya besar. Web hosting terbaik perlu Anda pilih untuk itu.

Fungsi Web Hosting

Fungsi Web Hosting

Selain sebagai penyimpanan data, web hosting juga memiliki fungsi berikut ini:

  • Menampilkan website dengan performa terbaik.
  • Mencegah serangan hacker pada website
  • Meningkatkan SEO dari sebuah website.
  • Menyajikan email website yang lebih profesional.

Jenis-Jenis Hosting

Jenis Jenis Hosting

Jenis-jenis web hosting yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah:

  • Share Hosting, yakni hosting yang bisa Anda gunakan bersama-sama dengan user lain. Seperti kamar kost yang penggunanya bersama-sama.
  • VPS Hosting, merupakan hosting pribadi yang penggunanya hanya satu saja. Lebih privasi tanpa terpengaruh dengan user lain.
  • Cloud Hosting, semacam VPS hosting dengan kemudahan shared hosting. Tak memerlukan skill teknis untuk menggunakan hosting ini.
  • WordPress Hosting, merupakan jenis hosting khusus bagi pengguna WordPress. Spesifikasinya mirip dengan share hosting.
  • Simple WordPress, jenis hosting khusus untuk Anda yang ingin membangun web menggunakan CMS dari WordPress tanpa harus membuat Anda ribet dengan hal teknis.
  • Dedicated Hosting, server yang penggunanya khusus satu orang saja. Memiliki resource yang sangat besar dan traffic yang tinggi.

Apa Beda Hosting dengan Domain?

perbedaan Hosting dengan Domain

Apa bedanya pengertian web hosting dengan domain? Jika web hosting adalah tempat penyimpanan data, maka domain adalah alamat untuk mengunjungi data tersebut. Misalnya www.ayokupas.com. Ini adalah domain tempat Anda mengakses penyimpanan data di hosting yang ada.

Bagaimana Memilih Jenis Hosting untuk Website?

cara memilih web Hosting untuk Website

Hosting mana yang akan Anda pilih? Tentunya Anda harus tahu apa yang menjadi kebutuhan Anda. Saat ini misalnya tersedia web hosting gratis selamanya, apakah ini cocok untuk Anda?

Jika Anda pemula atau masih baru belajar, jenis yang gratis mungkin bisa Anda coba. Namun, jika kebutuhan Anda sudah profesional untuk perusahaan, bisnis, atau lembaga, maka carilah jenis hosting terbaik yang akan memberikan jaminan performa website yang tangguh juga.

Berapa Biaya Web Hosting?

Biaya Web Hosting

Biaya hosting yang murah bisa Anda temukan pada tipe share hosting. Anda mungkin sering mendengar promo hosting Rp10 ribu per bulan, dan sejenisnya. Ini adalah jenis tipe share hosting yang penggunanya bersama-sama.

Jenis cloud hosting menyajikan harga profesional, karena memang kualitas performanya yang bagus. Kisaran harga per bulan nya mencapai ratusan ribu rupiah. Bisa Anda bayangkan berapa juta sewa hosting-nya dalam setahun.

Nah, sudah cukup paham kan dengan apa itu web hosting dan kenapa saat akan membuat website Anda harus membayar mahal? Salah satu alasannya karena harga hosting tersebut juga mahal.

Apa yang menjadi kebutuhan Anda pada sebuah website maka web hosting nya bisa Anda sesuaikan. Selamat memilih hosting terbaik untuk performa website yang tinggi.