hosting gratis
hosting gratis

5 Hosting Gratis Terbaik untuk Pemula, Cocok untuk Start Up

Hosting gratis adalah layanan hosting tidak berbayar yang biasanya peruntukannya untuk pemula. Pelaku bisnis online atau start up pemula yang ingin menjalankan bisnis bisa menggunakan pilihan hosting yang efisien secara biaya tersebut.

Apakah hosting gratis tersebut bagus? Jawabannya adalah: Ya, terutama untuk pemula. Karena dengan hosting tanpa biaya ini Anda bisa melakukan berbagai eksperimen tanpa harus khawatir anggaran yang membengkak. Jika Anda belum punya banyak pengalaman, hosting gratis selamanya cukup cocok untuk Anda.

Rekomendasi Hosting Gratis Terbaik untuk Pemula

Hosting Gratis Terbaik untuk Pemula

Hosting gratis Indonesia menawarkan layanan yang cocok untuk Anda yang ingin belajar dan coba-coba. Nah, setelah nantinya cukup memahami, sebaiknya Anda beralih ke hosting berbayar yang lebih lengkap fiturnya.

Berikut ini rekomendasi hosting gratis yang bisa Anda coba untuk belajar:

1. Hostinger

Hostinger menyuguhkan hosting gratis untuk belajar yang bisa Anda pakai selamanya. Namun, tentunya fiturnya sesuai dengan harganya. Pada layanan gratis ini storage-nya sebesar 300 MB, tanpa domain gratis, bandwidth 3 GB, tanpa email akun dan tanpa builder atau desain.

Selain itu, di Hostinger gratis ini juga tidak menyediakan fitur backup harian, fitur bantuan tidak tersedia dan juga tidak adanya domain. Benar-benar minimalis layanannya.

2. InfinityFree

Keunggulan hosting gratis yang satu ini cukup bagus dalam hal tampilan. Storage nya sebesar 300 MB lengkap dengan domain. Tanpa adanya iklan, dan bandwidth yang tanpa batas. Anda juga bisa mendapatkan 10 akun email gratis.

Namun, kelemahan hosting yang satu ini tidak mendukung untuk sebuah website bisnis dan tidak adanya layanan surat elektronik maupun telepon.

3. Freehosting

Web hosting gratis terbaik selanjutnya adalah Freehosting. Memiliki storage 10 GB, tanpa domain, tanpa iklan, bandwidth tanpa batas dan tersedia builder desain.

Kelemahannya pada hosting ini kecepatan server-nya yang sering berubah-ubah alias tidak konsisten. Namun, Anda pastinya maklum karena memang harganya juga gratis. Selain tidak ada domain gratis, SSL nya juga tidak gratis.

4. ByetHosting

Hosting gratis domain yang juga gratis dengan kualitas yang lumayan bagus bisa Anda temukan di ByetHosting. Memiliki storage tanpa batas, tersedia domain, tanpa iklan, bandwidth tanpa batas, email gratis tersedia, lengkap juga dengan website builder.

Nah, hostinger gratis ini cukup lengkap ketimbang yang lainnya sehingga cukup recomended untuk Anda coba. Tersedia akses tanya jawab selama 24 jam, walaupun terbatas tetapi cukup lumayan dan membantu. Jaminan waktu uptime nya pun tidak 100%.

5. Freehostia

Penyedia hosting gratis yang satu ini menawarkan kecepatan loading yang 15 kali lebih cepat ketimbang hosting gratisan lainnya.

Storage-nya tersedia 250 MB dan lengkap dengan domain. Tanpa iklan tetapi bandwidth hanya 6 GB. Memiliki email dan lengkap juga dengan template website yang gratis.

Kekurangan yang utama dari hosting ini adalah kapasitasnya yang kecil. Namun, jika kebutuhan Anda hanya belajar boleh menggunakan layanan hosting gratis tersebut.

Mau pakai hosting gratis ini perlu Anda pertimbangkan juga soal pelayanan servisnya. Jika Anda pemula dan support-nya tidak memadai, tentu juga akan jadi pengalaman Anda belajar dan coba-coba sendiri.

Selain itu, tampilan iklan kadang-kadang memang mengganggu, bahkan website kadang-kadang bisa dihapus oleh pemilik hosting tanpa melakukan konfirmasi.

Jadi, jika Anda sudah memiliki anggaran yang cukup, sebaiknya beralih ke hosting berbayar. Walaupun Anda harus mengeluarkan anggaran, kualitas pelayanan dan fiturnya lebih memuaskan ketimbang hosting gratis.