Mengenal Pengertian Google Sites dan Kelebihannya
Mengenal Pengertian Google Sites dan Kelebihannya

Mengenal Pengertian Google Sites dan Kelebihannya

Kehadiran aplikasi Google Sites membuat proses pembelajaran bisa orang lakukan secara online. Istilah belajar daring kini mulai populer berkat kehadiran aplikasi ini. Mungkin beberapa orang belum begitu memahami aplikasi ini dan mulai mencari tahu tentang pengertian Google Sites.

Inilah Pengertian Google Sites

Pengertian Google Sites adalah sebuah layanan website yang berasa dari perusahan ternama yaitu google. Layanan website ini hadir bersifat e-learning atau pembelajaran secara digital. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat sebuah kelas belajar secara online.

Terdapat banyak sekali manfaat dari aplikasi ini. Google Sites sering kali orang gunakan dalam aktivitas pembelajaran online. Penggunaannya juga sangat mudah karena hadir dengan berbagai fitur menarik. Semua kalangan bisa menggunakan terkhusus guru dan dosen sebagai tenaga pengajar.

Para tenaga pengajar dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat sebuah sistem pembelajaran secara daring. Sekarang proses belajar mengajar memang bisa orang lakukan secara online. Google Sites hadir untuk mewujudkan dan merealisasikan pembelajaran daring menjadi lebih efektif dan efisien.

Keunggulan dari Google Sites

Terdapatpat beberapa keunggulan yang Google Sites tawarkan kepada para penggunannya. Kehadirannya ini memang sangat efektif dalam menunjang segala aktivitas e-learning atau belajar mengajar online. Berikut beberapa keunggulan dari Google Sites ini :

  1. Tersedia banyak Tools dan Gratis

Ketika hendak membuka situs pembelajaran secara manual, Anda harus mengeluarkan beberapa biaya agar bisa mewujudkannya. Google Sites sendiri hadir secara gratis dan tidak memungut biaya apapun kepada para penggunanya.

Asalkan Anda memiliki akun, sudah bisa membuat sebuah situs pembelajaran dengan fitur lengkap. Hampir semua tools tersedia secara gratis sehingga pengguna dapat mengoptimalkan pembuatan sebuah situs e-learning dengan fitur lengkap.

  1. Penggunaannya tidak Sulit

Sebenarnya terdapat banyak sekali website yang menghadirkan fasilitas mirip dengan Google Sites dalam pembuatan situs e-learning. Akan tetapi Google sites memiliki keunggulan dari sistem interface yang ramah terhadap pengguna.

Orang yang baru saja belajar menggunakannya akan bisa langsung mengerti dan memahaminya secara cepat. Hal ini karena, google site menghadirkan sistem tour fitur atau membuat pengguna mengenali fiturnya secara cepat.

  1. Mudah Mingiterritasnya

Bedanya Google Sites dengan situs pembelajaran online lainnya adalah kemudahan dalam mengkolaborasi atau mengintegrasi dengan fasilitas website lainnya. Hal ini tentunya akan membuat proses pengembangan website menjadi lebih cepat.

Tidak hanya itu Google Sites juga menghadirkan 100 MB penyimpanan online yang dapat menampung berbagai data. Seemnatara, ketika Anda membuat situs pembelajaran online menggunakan Google Site kemudahan orang dalam menemukannya juga sangat tinggi karena masuk ke mesin pencari.

  1. Mudah Mengaksesnya di Mana Saja

Karena sifatnya yang online membuat semua pengguna dapat mengaksesnya di mana saja. Penggunaan Google Site sebagai platform pembelajaran online menjadi lebih mudah dan cepat. Tenaga pengajar dapat memberikan pengumuman dan juga tegas ketika sedang berada di manapun.

Hal ini memudahkan dalam percepatan penyampaian materi serta berbagai bahan pembelajaran lainnya. Tidak Ada halangan waktu dan tempat lagi berkat hadirnya Google Site ini. Selain itu, para peserta didik juga akan lebih cepat dalam memperoleh materi dan bahan untuk belajar daring ini.

  1. Tidak Memerlukan Keahlian Programmer Web

Karena fungsinya yang terbilang cukup lengkap membuat Google Site bisa masuk ke dalam website sederhana dalam pemberian e-learning. Ketika membanung halaman web e-learning menggunan Google Site Anda tidak membutuhkan keahlian khusus seputar website dan lainnya.

Semua perbuatan akan berjalan secara otomatis dan praktis. Sehingga kondisi ini sangat nyaman dan ramah kepada para pemula di bidang pembuatan web. Kemudahan dalam pembuatan dan menampilkan berbagai informasinya begitu nyaman jadi tidak ada kesulitan bagi para pengguna.

Manfaat Google Site untuk Situs Pembelajaran

Kehadiran Google Site memang sangat membantu para tenaga pengajar dalam memberikan berbagai macam aktivitas pembelajaran. Tersedia dengan berbagai fitur menarik membuatnya semakin orang gemari. Berikut adalah manfaat dari penggunaan Google Site dalam e-learning dan situs pembelajaran:

  1. Memudahkan Mengguh Materi Pembelajaran

Google Sites hadir dengan banyak sekali fitur untuk memudahkan segala aktivitas pembelajaran online. Ketika seorang pengguna hendak menggugah materi maka Google Sites dapat menyediakan fasilitasnya. Hal ini memudahkan para tenaga pengajar dalam memberikan materi.

Tidak hanya itu materi pembelajaran juga bisa langsung terintegrasi dengan akun para siswa. Secara eksplisit, aktivitas ini akan memudahkan proses pembagian materi dan pembelajaran secara daring akan berjalan lebih lancar. Semenatara, mahasiswa akan sangat cepat menerima berbagai mataeri.

  1. Dapat Menyimpan Silabus

Manfaat lain menggunakan Google Site untuk pembelajaran online adalah penyimpanan silabus. Google Site menghadirkan sebuah fitur untuk memudahkan para pengajar khususnya dosen dalam menyimpan sebuah silabus secara online. Silabus merupakan bagian penting dalam pembelajaran.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga dapat mengetahui kapan pun dan melakukan pengecekan topik pembahasan kelas mulai dari pertemuan pertama sampai dengan selanjutnya. Kondisi ini akan memaksimalkan proses transfer ilmu dalam pembelajaran online.

  1. Kemudahan dalam Memberikan Tugas

Pembelajaran online memang identik dengan lebih banyaknya tugas dari pada teori. Hal ini akan melatih para siswa agar lebih baik dalam memecahkan permasalahan. Google Site dengan segala fiturnya dapat memudahkan tenaga pengajar dalam memberikan tugas ini.

Mahasiswa akan mendapatkan banyak sekali opsi tugas yang dosen upload di google site sehingga berjalan lebih baik. Proses penguploadan tugas juga sangat mudah sehingga para pengguna tidak akan kesulitan dalam menemukan tugas tersebut.

  1. Kemudahan dalam Memberikan Pengumuman

Selain sebagai media pembelajaran atau e-learning, Google Site juga sangat bagus dalam memberikan sebuah pengumuman. Para tenaga pengajar dapat memberikan informasi tentang berbagai hal seputar materi, tugas, inside, dan masih banyak lagi, semua dapat para peserta didik akses secara cepat.

Proses penguploadan dan penyebaran informasi ke ruang kelas akan menjadi lebih baik dan mudah. Google Site memiliki interface dengan keramahan user yang bagus. Tenaga pengajar maupun dosen tidak akan kesulitan dalam melakukan berbagai kegiatan pembelajaran di sini.

  1. Memantau Tugas Para Siswa

Google Site memudahkan tenaga pengajar dalam memantau dan juga mengawasi kinerja tugas tugas dari peserta didiknya. Bahkan waktu upload tugas siswa terekam dengan sangat baik. Maksudnya jam berapa mahasiswa tersebut mengupload sebuah tugas akan terlihat sekali di sini.

Kondisi ini tentunya akan membuat beberapa dosen atau tenaga pengajar akan lebih mudah dalam mengalokasikan tugas kepada siswa. Pengontrolan dan pemantauan berbagai tugas akan menjadi lebih baik berkat kehadiran Google Site ini.

Demikian informasi mengenai pengertian Google Sites. Dengan segala kemampuan dan juga manfaat yang aplikasi ini tawarkan memang proses pembelajaran online akan menjadi lebih lancar dan juga lebih mudah. Apalagi terdapat berbagai fitur serta tool menarik memudahkan pengajar dan siswa.