Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo
Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo

4 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo, dijamin Aman!

4 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo, dijamin Aman! – Melalui antarmuka sistem Android bernama Funtouch OS, berbagai macam handphone merek vivo  dilengkapi dengan fitur untuk menyembunyikan aplikasi yang mudah digunakan.

Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk melindungi setiap data pribadi yang tersimpan di dalam aplikasi, agar tidak mudah diakses oleh orang lain begitu saja. Misalnya akun mobile banking, dompet digital, atau email.

Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa meminjamkan handphone kepada orang lain tanpa harus khawatir. Dengan syarat bahwa kita sendiri yang membuka layar kunci hp tanpa memberi tahu kata sandi atau pin keamanan handphone.

Hanya saja memang pada setiap versi Funtouch OS, HP vivo biasanya memberikan fitur ini dengan nama yang berbeda-beda. Kita di sisi lain bahkan tak jarang harus menempuh cara yang lain jika ingin menggunakannya.

Cara menggunakan fitur ini untuk setiap versi antarmuka sistem Funtouch OS untungnya cukup mudah. Adapun bagi kamu yang belum mengetahui caranya, berikut ini caranya :

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo

1. Menggunakan Hide App di Funtouch OS 9 ke Atas

  1. Buka menu aplikasi “Settings”.
  2. Masuk ke menu “Fingerprint, face and password” atau “Face and passwords”.
  3. Pilih menu “Privacy and app encryption”.
  4. Klik “Hide App”.
  5. Klik tombol pada aplikasi yang ingin disembunyikan.

Perlu diingat bahwa fitur Hide App pada Funtouch OS ke atas akan benar-benar menyembunyikan aplikasi di hp vivo. Selain tidak akan muncul pada halaman utama, kita juga tidak akan menerima pemberitahuan dari aplikasi yang disembunyikan.

2. Menggunakan Hide Icon di Funtouch OS 3 ke Bawah

  1. Klik dan tahan ruang kosong di halaman utama (home screen).
  2. Pilih menu “Hide Icon”.
  3. Masukan kata sandi privasi atau buat dahulu jika belum memilikinya.
  4. Tarik ikon aplikasi yang ingin disembunyikan pada bagian “Hide Icon”.
  5. Dengan cara yang hampir sama, kita juga bisa menyembunyikan aplikasi di versi Funtouch OS 2.6 ke bawah. Hanya saja nanti kemungkinan langkah-langkahnya ada yang sedikit berbeda.

3. Menggunakan Hide Icon di Funtouch OS 2.6 ke Bawah

  1. Klik tombol Menu “recent app” yang ada di sebelah kiri tombol Home.
  2. Pilih menu “Hide Icon”.
  3. Klik ikon dari aplikasi yang ingin disembunyikan.

Beberapa di antara kamu mungkin ada yang menyadari bahwa kami tidak menulis secara khusus tentang “Hide App atau Hide Icon”, untuk beberapa versi Funtouch fitur ini memang tidak tersedia.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk menyembunyikan aplikasi di hp vivo, kita bisa memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga seperti launcher jika menggunakan versi Funtouch OS tersebut. Adapun aplikasi pihak ketiga yang digunakan yaitu Nova Launcher, Microsoft Launcher, dan Apex Launcher.

  1. Pertama pasang aplikasi yang diinginkan, saya merekomendasikan Nova Launcher.
  2. Setelah selesai, Klik tombol Home.
  3. Atur aplikasi tersebut sebagai launcher default.
  4. Masuk ke “app drawer” yaitu halaman yang menampilkan daftar aplikasi.
  5. Buka menu menyembunyikan aplikasi, Klik ikon dari aplikasi yang ingin disembunyikan.
  6. Sembunyikan aplikasi sesuai petunjuk.

Setiap layanan dari pihak ketiga tentu memiliki nama dan penempatan fitur menyembunyikan aplikasi yang berbeda. Oleh karena itu kita perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas ketika akan menggunakannya atau mencari tutorial yang lebih rinci lebih dulu di internet.

Demikian artikel di atas mengenai 4 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo, dijamin Aman!. Semoga inforsi seputar teknologi di atas bisa bernfaat bagi pembaca.