VPS Indonesia
VPS Indonesia

5 Indikator Layanan VPS Indonesia Terbaik

Secara sederhana, server merupakan tempat penyimpanan data dari sebuah website yang jasa layanannya disebut hosting. Salah satu jenis hosting yang populer saat ini adalah VPS (Virtual Private Server). Apa saja indikator layanan penyedia hosting VPS Indonesia dengan servis terbaik?

Sekilas tentang VPS (Virtual Private Server)

VPS merupakan

VPS merupakan layanan web hosting dengan teknologi virtualisasi sehingga memungkinkan masing-masing pengguna untuk memiliki sumber daya khusus pada sebuah server fisik yang sama.

Sederhananya, VPS merupakan hosting yang berbagi sebuah server fisik seperti shared hosting, namun dengan teknologi virtualisasi membuat experience pengguna seolah-olah seperti sedang menggunakan dedicated hosting.

Dengan menggunakan VPS hosting, Anda bisa memilih alokasi penyimpanan data, jenis media penyimpanan datanya, kecepatan RAM dan Processor-nya, hingga menentukan sistem operasi apa yang akan Anda gunakan, serta memasang aplikasi yang Anda butuhkan untuk mengelola website Anda.

Indikator Jasa Provider VPS Hosting Indonesia Terbaik

VPS hosting yang bagus

VPS Hosting yang bagus akan memberikan jaminan uptime server yang reliable, kecepatan akses yang kencang, ruang penyimpanan yang luas, dan kompatibilitas software yang baik, dengan harga yang terjangkau.

1. Reliable Uptime Server

Pengguna VPS hosting biasanya merupakan pemilik website yang trafiknya sudah tinggi, namun belum butuh untuk memerlukan sumber daya khusus seperti yang ada pada dedicated hosting.

Bagi pemilik web yang trafiknya sudah ramai, butuh kualitas uptime server yang bagus. Lantas, apa itu uptime server?

Uptime server merupakan waktu aktif sebuah server untuk bisa terus Anda akses dengan kecepatan sesuai dengan spesifikasi dari layanan penyedia hosting.

Nilainya menggunakan persentase dari skala 1 sampai 100. Metrik ini akan menunjukkan semakin besar angka yang tertera, maka kualitas akses website Anda seharusnya semakin bagus.

Uptime server ini adalah faktor layanan terpenting dari sebuah jasa hosting. Carilah penyedia jasa hosting yang mampu memberikan layanan uptime server dengan kualitas 99,9999 persen.

2. Spesifikasi Memory & Processor

Jika Anda memiliki website yang trafiknya padat, tentunya Anda ingin agar web-nya tetap bisa diakses dengan cepat. Hal ini berkaitan dengan respon server, yang bergantung pada kualitas memory dan kecanggihan CPU server, kapasitas storage dan kualitas jaringan.

Jadi semakin besar kapasitas RAM & core CPU yang tersedia, maka semakin cepat performa server Anda.

3. Storage

Selain RAM & CPU, Anda butuh media penyimpanan yang mampu memproses data secara cepat. Saat ini media penyimpanan tersedia dalam HDD (Hard Disk Drive) & SSD (Solid State Drive). Dimana SSD memiliki tingkat kemampuan yang lebih baik ketimbang HDD.

Jadi sebelum Anda memutuskan membeli VPS hosting, selain CPU & RAM, pastikan Anda memilih paket yang menyediakan storage dalam bentuk SSD agar server Anda bisa melayani dengan lebih optimal.

4. Batasan Bandwidth

Penyedia VPS hosting biasanya membatasi bandwidth pengguna setiap bulannya, sehingga jika pemakaiannya sudah melebihi kuota, maka kecepatan aksesnya akan turun.

Oleh sebab itu, dalam memilih paket hosting-nya Anda harus memperhitungkan trafik kunjungan ke website Anda.

5. Teknologi Virtualisasinya

Dalam memilih VPS hosting, Anda juga harus memperhatikan teknologi virtualisasi hosting-nya. Misalnya dari versi kernel yang ada, seperti Open VS, KVM, HVM, dan Hyper V.

Karena kernel yang Anda gunakan juga akan mempengaruhi terhadap optimalnya penggunaan OS dari server Anda.

Jadi sebelum Anda memilih mana VPS Indonesia yang terbaik untuk Anda gunakan, sebaiknya Anda melakukan perencanaan sejauh mana server yang Anda pilih mampu melayani pengunjung website Anda. Tentunya dengan merujuk kepada indikator yang ada di atas.