Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat
Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat

Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat untuk Petugas PLN

Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat untuk Petugas PLN – Aplikasi Catat Meter Terpusat akan menjadi aplikasi yang berguna untuk mempermudah petugas pencatat meteran listrik mengirim data kilometer pelanggan kepada PLN pusat secara langsung.

PLN adalah salah satu perusahaan di bawah BUMN yang selalu berusaha memberi yang terbaik untuk masyarakat. Selain memberi listrik gratis secara bebas, PLN membuat aplikasi khusus untuk petugas lapangan.

Karena khusus untuk petugas lapangan, aplikasi ini tidak dapat di pakai oleh umum. Terkecuali kalau Anda mempunyai akun khusus petugas PLN, baru bisa mengakses aplikasi Catat Meter Terpusat ini.

Untuk itu, pada artikel kali ini akan di khususkan untuk para petugas PLN yang berwenang. Yok, baca cara menggunakan aplikasi Catat Meter Terpusat, fitur-fiturnya, hingga link download secara lengkap.

Apa itu Aplikasi Catat Meter Terpusat

Aplikasi Catat Meter Terpusat atau ACMT PLN merupakan aplikasi berbasis Android dan Web yang di khususkan untuk petugas pencatat meteran listrik.

Aplikasi ini di buat dengan memperhatikan daerah-daerah seperti pedesaan, khususnya untuk pelanggan yang menggunakan kilometer konvensional (pascabayar) di rumahnya.

Sebelum ada aplikasi ini, petugas sering di sibukkan dengan birokrasi yang ribet. Bahkan, petugas harus ke kantor PLN terdekat untuk menyerahkan data dan kemudian baru data dari PLN lokal di kirimkan ke pusat.

Peluncuran aplikasi ACMT PLN 2021 mempunyai tujuan untuk memudahkan kerja petugas lapangan dalam menulis meteran listrik secara digital, lalu mengirim data kilometer pelanggan secara otomatis ke PLN Pusat. Maka, tidak perlu ribet-ribet lagi seperti dulu.

Dengan begitu, petugas yang bekerja di kantor pusat bisa langsung mengolah data-data atas laporan yang di terima dari petugas lapangan, mengingat semuanya sudah terdaftar secara otomatis pada sistem tak perlu menginputnya lewat cara manual.

Nanti dalam aplikasi tersebut, data yang masuk akan lebih akurat karena mempunyai bukti foto meteran listrik dan tag GPS yang di input petugas berwenang. Untuk memeriksa berbagai rekap data, petugas hanya membutuhkan beberapa kali klik saja lho!

Download dan Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat

Sama seperti yang sudah kami sampaikan di atas, aplikasi Catat Meter Terpusat tidak di buat untuk umum. Mereka yang akan terhubung ke aplikasi ini harus mempunyai akun khusus petugas di situs resmi PLN. Baru kemudian, petugas dapat mengunduh aplikasinya.

Berikut panduan download dan penggunaan ACMT PLN :

  • Membuka situs resmi ACMT PLN di https://portalapp.iconpln.co.id/acmt/.
  • Masukan username dan sandi akun Anda.
  • Tekan tombol Login.
  • Selesai. Aplikasi Catat Meter Terpusat langsung akan terunduh di HP Anda.

Cara Install ACMT PLN

Nach, jika cara yang di atas tadi adalah cara untuk mendapatkan aplikasi ACMT PLN, saat ini kami akan memberikan langkah-langkah untuk memasangnya di perangkat Anda.

Aplikasi ACMT PLN tidak bisa Anda dapatkan di Google Playstore karena tidak di peruntukkan untuk umum. Karena itu, untuk memasang aplikasi ini harus menggunakan cara manual sebagai berikut ini:

  1. Membuka Pengaturan > Keamanan > pilih Sumber Tidak Dikenal.
  2. Bila ada notifikasi, pilih OK.
  3. Mencari file apk ACMT PLN yang telah terunduh barusan.
  4. Membuka aplikasi dan pasang di perangkatmu.
  5. Tunggu sampai proses pemasangan selesai.

Fitur Unggulan Aplikasi Catat Meter Terpusat

Sebagai aplikasi yang terintegrasi langsung dengan database pusat, ACMT PLN mempunyai beragam fitur yang memudahkan pekerjaan petugas dan membuat pengukuran akurat. Berikut daftarnya :

  • Data master mengenai kedudukan pelanggan.
  • Data pembaca besaran meter penggunaan.
  • Data RBM dari setiap pelanggan.
  • Data klaim atau koreksi yang di ajukan pelanggan.
  • Data urutan langkah koreksi RBM.
  • Data penggunaan listrik yang tidak biasa atau abnormal.
  • Hasil rekapitulasi KWH dari pelanggan.
  • Hasil rekapitulasi dari kode pesan yang di pakai pelanggan.
  • Hasil pengontrolan baca meter oleh petugas.
  • Informasi biaya pelanggan setiap bulan serta tunggakan.
  • Menampilkan saldo.
  • Rekapitulasi data Stand.
  • Bisa mengirimkan tagihan melalui pesan.
  • Berisi informasi pengguna yang belum terbaca.

Demikian artikel di atas mengenai Cara Menggunakan Aplikasi Catat Meter Terpusat untuk Petugas PLN. Semoga informasi seputar teknologi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.