Mengenal Aplikasi Fidusia Online dan Cara Menggunakannya
Mengenal Aplikasi Fidusia Online dan Cara Menggunakannya

Mengenal Aplikasi Fidusia Online dan Cara Menggunakannya

Mengenal Aplikasi Fidusia Online dan Cara Menggunakannya – Apakah kalian pernah mendengar atau mengetahui aplikasi fidusia online? Jika belum, kalian mengunjungi artikel yang tepat. Karena kami akan mengulas seputar pengertian aplikasi fidusia online beserta cara menggunakannya. Penasaran apa saja yang terdapat pada aplikasi fidusia online? Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Aplikasi Fidusia Online

Aplikasi Fidusia Online sebenarnya adalah suatu aplikasi yang diciptakan oleh Kemenkumham, dalam hal ini Ditjen Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM telah membuat terobosan untuk tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya dalam hal Fidusia. Oleh karena itulah tujuan aplikasi fidusia online dibuat.

Namun pada pengertiannya, aplikasi fidusia online merupakan suatu aplikasi atau website yang digunakan untuk pengurusan fidusia atau pengalihan hak kepemilikan suatu benda yang dilakukan secara online dalan aplikasi. Melalui aplikasi ini, kalian bisa mengurus sertifikat jaminan fidusia secara online yang nantinya bisa kalian cetak dalam waktu yang singkat dan tentunya lebih mudah.

Fitur Aplikasi Fidusia Online

Ada beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi fidusia online, untuk lebih lengkapnya bisa langsung simak ulasan dibawah ini.

1. Menu Pengecekan

Fitur yang pertama yaitu menu pengecekan. Pada menu pengecekan aplikasi fidusia online ini akan diberikan beberapa informasi seperti nomor pendaftaran, nama, alamat penerima fidusia, jenis fidusia, waktu pendaftaran, nomor akta, tanggal akta, nama notaris, serta wilayah kerja.

2. Jenis Transaksi Fidusia

Pada aplikasi fidusia online ini juga terdapat informasi mengenai jenis transaksi fidusia. Jenis transaksi tersebut bisa berupa pendaftaran, perubahan, daftar transaksi, serta pencarian suatu objek. Dalam hal ini kalian hanya perlu memasukkan data seperti nomor registrasi, nomor sertifikat, dan lain sebagainya.

3. Tanggal Terdaftar

Fitur yang satu ini merupakan salah satu fitur terpenting dalam aplikasi fidusia online, karena tanggal terdaftar adalah waktu objek fidusia tersebut di daftarkan. Nantinya semua dokumen yang telah di daftarkan akan terhitung sejak tanggal input atau tanggal bayar PNPB dan tanggal tercetaknya jaminan fidusia.

Cara Mendaftar Aplikasi Fidusia Online

  1. Langkah pertama yang perlu kalian lakukan yaitu membuka aplikasi fidusia online dan login menggunakan username dan password yang telah diperoleh dari Lembaga Pendaftaran Fidusia.
  2. Lalu isi semua formulir pendaftaran yang tersedia.
  3. Selanjutnya masukkan nomor akta notaris dan tanggal akta notaris.
  4. Pada tahap ini kalian bisa memilih jenis perjanjian yang meliputi dalam isi perjanjian, mata uang yang digunakan, nominal dan jenis mata uang, serta jangka waktu perjanjian.
  5. Langkah selanjutnya masukkan uraian objek jaminan fidusia.
  6. Masukkan juga nilai jaminan.
  7. Lalu daftarkan transaksi.
  8. Setelah melakukan pendaftaran, kalian akan menerima notifikasi jumlah nominal yang perlu diafktifkan.
  9. Selanjutnya kalian bisa melakukan pembayaran.
  10. Setelah melakukan pembayaran, kalian bisa melihat status transaksi lunas tersebut dan bisa mencetak serftifikat.

Nah, itulan ulasan artikel tentang aplikasi fidusia online dan cara penggunaannya. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua, dan jangan lupa share artikel ini kepada teman atau keluarga kalian yang masih belum mengerti tentang penggunaan aplikasi fidusia online beserta fiturnya.