Beberapa Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Sederhana dan Mudah 1
Beberapa Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Sederhana dan Mudah 1

Beberapa Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Sederhana dan Mudah

Cara mengatasi laptop hang atau macet bisa Anda lakukan secara mudah dan cepat. Bahkan Anda tidak memerlukan alat rumit untuk mengatasinya. Pasalnya dalam mengatasi masalah tersebut Anda bisa menggunakan akses kode serta cara rahasia.

Dengan berkembangnya zaman dalam dunia teknologi, penggunaan laptop menjadi kebutuhan sehari-hari untuk Anda yang bekerja atau yang bersekolah. Sehingga perangkat laptop yang mempunyai nilai kegunaan cukup praktis sangat dibutuhkan daripada perangkat personal yang lainnya seperti komputer atau desktop.

Terlebih dengan semakin pesatnya perkembangan tersebut, maka semakin banyak pula pengguna laptop yang melakukan penginstalan dengan berbagai macam aplikasi tanpa mengetahui prioritas aplikasi yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sehingga hal tersebut bisa mengakibatkan adanya masalah yang terjadi pada laptop Anda. Tanpa bisa diprediksi, laptop akan lemot, not responding, hang, bahkan sampai dengan crash. Biasanya masalah tersebut bisa terjadi akibat kelebihan beban dari aplikasi juga tidak memperhatikan kemampuan dari laptop tersebut. Untuk itu simak ulasan berikut ini bagaimana cara mengatasi ketika laptop mengalami hang.

Beberapa Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Sederhana dan Mudah
enewsdaily.site

Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Efektif

Untuk mengatasi laptop yang mengalami hang, berikut cara yang bisa Anda lakukan:

Tutup Semua Aplikasi (End Task)

Dengan Anda membuka aplikasi secara bersamaan dalam jumlah banyak bisa membuat program yang sedang berjalan menjadi berhenti atau bisa disebut juga crash. Apabila hal tersebut terjadi, laptop akan mengalami hang. Sehingga untuk mengatasinya dengan cara sederhana yakni Anda bisa menekan CTRL + ALT + Del.

Apabila Anda memakainya secara bersamaan maka membuat laptop akan muncul task manager serta menjalani ed tak. Keadaan tersebut akan membuat semua program tertutup dengan otomatis, dan bisa kembali normal fungsinya.

Cek Kipas Laptop

Cara mengatasi laptop hang selanjutnya dengan mengecek kipas pada laptop. Biasanya jika laptop tiba-tiba hang akan memiliki dampak terhadap laptop yang overheat. Dalam hal ini dapat terjadi, sebab kipas laptop mati atau melemah. Maka sudah tidak bisa lagi melawan beban panas yang berlebihan. Untuk itu, jika laptop Anda panas bisa saja akan mengalami hang.

Laptop yang mempunyai beban panas secara berlebih sering menjadi sebuah alasan mengapa laptop dapat hang. Terlebih bisa tiba-tiba mati sendiri. Keadaan overheating dikarenakan laptop yang sudah tidak bisa lagi menahan beban panas akibat program yang berat atau kipas yang rusak.

Hapus BIOS Cache

Laptop yang ngelag bahkan sampai dengan ngehang bisa juga diakibatkan oleh cache yang banyak tersimpan pada laptop Anda. Sehingga Anda bi melakukan BIOS Cache guna mengembalikannya seperti semula. Untuk caranya seperti dibawah ini.

Pertama Anda lakukan force Shutdown.

Kemudian akses BIOS. Untuk caranya sendiri F12, F11, F8, atau F2.

Kemudian klin Advanced BIOS Features.

Apabila sudah, klik menu Disable BIOS kemudian tekan enter.

Restore Windows

Selanjutnya cara mengatasi laptop hang yaitu dengan melakukan Restore Windows. Kemudian untuk caranya, bisa Anda simak seperti berikut ini.

Pertama, Anda harus mengaktifkan protection agar windows terbackup dengan aman yang dilakukan oleh sistem secara otomatis. Setelah itu dapat Anda lanjutkan dengan menjalankan Restore Windows dengan cara memilih tanggal kapan sistem windows akan Anda restart.

Upgrade atau Ganti RAM

Biasanya laptop mengalami masalah hang akibat adanya keterbatasan memori dan juga ram yang tersedia di dalamnya. Oleh karena itu untuk cara mengatasi laptop hang, Anda sangat perlu untuk melakukan pembaruan dengan cara menambah RAM yang ada pada laptop. Dalam hal tersebut mempunyai tujuan guna membuat laptop Anda menjadi lancar kembali dan menghindari risiko hang. Anda bisa mengganti RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

Instal Antivirus

Perlu Anda ketahui bahwa laptop yang mengalami hang, bisa saja karena terdeteksi virus. Hal tersebut bisa terjadi akibat Anda melakukan penginstalan serta pengunduhan aplikasi secara sembarangan. Maka akan terselip suatu virus berasal dari sumber yang ilegal. Oleh karena itu, untuk mengatasinya dengan cara melakukan penginstalan antivirus original untuk laptop Anda. Sehingga hal tersebut bisa menjadi cara mengatasi laptop hang Anda.