Intip Kualitas Layar Performa Kamera dan Baterai HP Vivo Y20
Intip Kualitas Layar Performa Kamera dan Baterai HP Vivo Y20

Intip Kualitas Layar, Performa, Kamera dan Baterai HP Vivo Y20

HP vivo Y20 yang hadir pada Agustus 2020 merupakan lanjutan dari Vivo seri Y19 yang lebih dulu hadir pada tahun 2019. Dibanderol dengan harga di bawah 3 jutaan rupiah dengan membawa sejumlah fitur kekinian yang sudah dapat diandalkan. Sebagian fans Vivo pasti mengharapkan banyak peningkatan pada seri satu ini.

Layar, Performa, Kamera, dan Baterai HP Vivo Y20

HP Vivo Y20
unsplash.com

Vivo Y20 mengusung tampilan yang menawan dengan mengusung material bodi polikarbonat untuk cover belakang dan memberi sentuhan akhir mengkilat di perangkat ini. Namun hal ini juga akan membuat bekas-bekas sidik jari menjadi lebih mudah menempel saat digunakan.

Karena itu sebaiknya ponsel diberi case agar terhindar dari bekas sidik jari maupun kotoran lainnya. Ponsel ini juga nyaman di genggam saat digunakan. Hal ini dikarenakan desain lengkungan 2.5 D yang didesain sangat apik sehingga melahirkan ponsel ini jadi lebih ergonomis, ringan, dan pas dalam genggaman.

Ponsel ini juga tidak dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari di bagian belakang melainkan digantikan dengan fitur keamanan biometrik pada tombol power yang dipasang di sisi kanan ponsel bersama dengan tombol volume. Di sisi sebaliknya juga diisi tiga buah slot yang dapat diisi dua buah SIM Card dan microSD sekaligus.

Sementara itu pada bagian depan ponsel, HP Vivo Y20 masih membekali diri dengan desain poni tetesan air pada layarnya. Poni tersebut merupakan tempat kamera depan ponsel. Sedangkan pada bagian bawah bodi cukup ramai diisi oleh port micro-USB, jack audio 3,5mm, speaker, dan lubang mikrofon. Sementara di sisi atas dibiarkan polos.

Kualitas Layar

Vivo Y20 masih mengusung layar IPS LCD dengan luas 6,5 inci dan resolusi yang ditawarkan juga masih HD+. Akan tetapi dengan kerapatan hingga 720 ppi yang dibawakan membuat gambar menjadi tetap terlihat tajam dan jernih.

Vivo juga memasangkan teknologi In Cell terbaru yang akan membuat layar jadi lebih berwarna. Selain itu saat menggunakan ponsel dalam waktu yang lama pun juga akan tetap nyaman berkat adanya mode Eye Protection yang bisa meminimalisir paparan sinar biru layar.

Performa

HP Vivo Y20 ini menggunakan Chipset Qualcomm Snapdragon 460 dengan fabrikasi 11 nm menjadi otak dari perangkat ini. Chipset ini diklaim memiliki performa yang jauh lebih unggul hingga 70 persen bilamana disandingkan dengan seri sebelumnya.

Apalagi ditambah dengan prosesor Octa-Core yang memiliki kecepatan hingga 1,8 Ghz. RAM yang ditanamkan pada ponsel ini adalah RAM 3GB dan penyimpanan internal 64GB yang dapat diperbesar dengan microSD.

Ponsel ini juga menyediakan fitur Game Mode yang mampu meningkatkan pengalaman bermain game menjadi lebih memuaskan. Tersedia juga asisten pribadi iManager yang siap membantu pemindaian dan pembersihan sampah maupun masalah ponsel saat malam hari.

HP Vivo Y20 ini juga dibekali dengan antarmuka OS 10.5 yang berbasis Android 10. Ada juga fitur dynamic effect yang dapat memberi pengguna beberapa pilihan animasi layar saat membuka. Soal ukuran keamanan data Anda juga tak perlu khawatir.

Side Fingerprint yang dibekalkan tentunya akurat dan responsif dengan kecepatan membuka kunci hanya dalam kurun waktu 0,22 detik saja. Selain itu juga terdapat fitur Face Access yang dapat membuka kunci dalam hitungan detik.

Kamera

Vivo memang tidak pernah luput menyematkan kamera mumpuni di setiap serinya. Kamera yang terdapat pada Y20 berupa kamera utama 13MP, depth sensor 2MP, dan kamera makro 2 MP yang sudah cukup mumpuni dalam melahirkan pengalaman memotret cukup baik.

Penggunanya dapat memotret objek dari jarak dekat berkat kamera makro 2MP dan memotret efek bokeh juga dapat dilakukan dengan kamera sensor 2MP. Semantara itu, pada kamera depan terdapat kamera 8MP yang  terpasang di poni bagian depan.

Baterai

Vivo Y20 memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh yang pastinya dapat dimanfaatkan untuk menjalani berbagai aktivitas harian dengan nyaman. Baterai ini juga mampu bertahan selama 16 jam sehingga Anda tak perlu khawatir lagi akan kehabisan baterai.

Saat daya baterai habis pun pengguna tidak perlu khawatir lantaran tersematnya fitur pengisian daya cepat 18W, maka baterai akan cepat terisi penuh. Selain itu, HP Vivo Y20 juga telah dibekali teknologi reverse charging yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai perangkat lain.