Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android yang Mengganggu 1
Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android yang Mengganggu 1

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android yang Mengganggu

Iklan pop up biasanya muncul saat Anda mengunduh aplikasi atau bermain game di handphone. Bukan hanya membuat Anda jadi tidak nyaman, pop up juga dapat menjadi berbahaya untuk keamanan informasi di dalam ponsel Anda. Karena, bisa jadi handphone bakal terindikasi oleh malware yang sengaja dibuat untuk mencuri, mengubah data, merusak, dan sebagainya. Oleh karenanya, Anda tak dapat meremehkan keberadaan iklan pop up yang muncul tiba-tiba. Yuk, simak cara menghilangkan pop up iklan di android berikut ini!

Bagaimana Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android yang Tiba-tiba Muncul?

Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android yang Mengganggu
Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android yang Mengganggu

Iklan di ponsel Android kerap kali mengganggu penggunanya. Terlebih apabila iklan menutup konten serta tak sengaja di-klik. Hal yang terjadi yaitu si pemakai bakal diarahkan ke website iklan itu, sehingga dapat menjadikan pekerjaan terhambat. Anda dapat menghilangkan iklan di handphone melalui beberapa cara tergantung dari mana iklan itu muncul.

Terdapat beberapa hal yang menjadikan pop up iklan muncul di ponsel Android. Apabila Anda ketahui penyebab munculnya iklan itu, maka bakal lebih gampang untuk menghilangkan iklannya. Berikut tutorial menghilangkan iklan pop up di handphone Android yang dapat Anda coba.

Lakukan Scanning dengan Dr. Web Security Space

Cara menghilangkan pop up iklan di Android pertama yang ampunn yaitu dengan memasang serta melakukan scanning (pemindaian) menggunakan antivirus bernama Dr. Web Security Space. Aplikasi tersebut punya versi gratisnya dan dapat Anda unduh di Google Play Store. Pop up iklan berhasil bersih hanya dengan memakai versi gratisnya saja, berdasarkan pengalaman dari pemakai.

Aktifkan Fitur Google Play Protect

Play Protect adalah perlindungan berlapis dari Google untuk memindai beragam aplikasi yang terdapat pada Google Play Store sebelum aplikasi itu terpasang di ponsel Anda. Alhasil, virus atau malware bakal lebih susah untuk menyusup. Ya, Play Protect bekerja seperti halnya anti virus Android pada umumnya.

Bedanya, anti virus ini beroperasi di dalam handphone. Sedangkan, proteksi dari Google Play Store bekerja dengan melindungi aplikasi sebelum terpasang ke ponsel pintar Anda. Bagaimana cara mengaktifkan Google Play Protect?

Silahkan masuk ke Google Play Store lalu pilihlah Play Protect. Aktifkan pada bagian ‘Scan device for security threats’ serta ‘Improve harmful app detection’.

Nonaktifkan Notifikasi Pop Up Chrome

Cara menghilangkan pop up iklan di Android dengan mematikan notifikasi pop up pada Google Play cukup ampuh membantu Anda menghilangkan iklan ketika browsing. Caranya yaitu bukalah aplikasi Chrome lalu masuk ke ‘Setting’, klik ‘Site Setting’ dan pilih ‘Notifications’. Kemudian menonaktifkan Notifications.

Hapus Aplikasi yang Anda Curigai Memunculkan Adware atau Iklan

Jika sesudah memasang aplikasi tertentu, ponsel Anda justru kerap kebanjiran pop up iklan yang mengganggu. Cobalah mengecek lagi aplikasi apa yang terakhir Anda install. Apabila aplikasi itu tidak benar-benar Anda perlukan, sebaiknya uninstal saja.

Silahkan masuk ke Google Play Store lalu pilih My apps & games. Di tab Library, urutan daftar aplikasi berdasarkan baru saja terpasang (Recent). Lalu cobalah mengingat aplikasi apa saja yang baru Anda install serta dicurigai memasukkan pop up iklan (adware) di HP. Apabila Anda sudah tahu, sebaiknya langsung hapus aplikasi itu untuk memblokir iklan pop up.

Kembali ke Setelan Pabrik (Factory Reset)

Langkah ini adalah cara menghilangkan pop up iklan di android yang cukup ampuh. Akan tetapi, risiko jika handphone gagal melakukan factory reset, akan berakibat pada device menjadi bootloop dan stuck pada logo Android.

Selain itu, langkah ini bakal menghapus semua data serta aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar Anda. Termasuk juga foto, video, dokumen, dan sebagainya. Sehingga, lebih baik sebelum reset factory jangan lupa untuk melakukan back up data lebih dulu, ya!

Caranya yaitu masuk ke Setting > BackupĀ  reset > Factory data reset lalu ikuti instruksi berikutnya. Ponsel selanjutnya akan reboot dan juga memulai pengaturan ulang lagi.

Gunakan Aplikasi Adclear

Adclear merupakan aplikasi untuk memblokir pop up iklan di Android serta mengendalikan trafik data yang berasal dari aplikasi yang Anda install di HP. Aplikasi ini cukup berpengaruh apabila Anda kerap berinteraksi dengan aplikasi yang non resmi.

Security Setting

Cara menghilangkan pop up iklan di Android adalah paling mudah dan termurah. Buka pengaturan lalu masuk ke Security Setting dan jangan mengadakan izin mengunduh dari sumber yang tak jelas. Hal ini penting untuk memblokir HP dapat mendownload aplikasi APK yang sumbernya tidak jelas.